Home Kategori Hama & Penyakit Hama Dan Penyakit Pada Tanaman Pare Dan Cara Pengendaliannya

Hama Dan Penyakit Pada Tanaman Pare Dan Cara Pengendaliannya

29
0
hama dan penyakit pada tanaman pare
Tanaman Pare

GOLDEN FARM 99 – Emak emak di rumah pasti sudah tahu kan ya sayuran pare. Tetapi tidak banyak yang tahu hama dan penyakit pada tanaman pare .Pare (momordica charantia L) merupakan tanaman tropis yang hidup di dataran rendah dan tergolong ke dalam jenis tanaman liar yang dapat dibudidayakan di tanah kosong. Anda juga bisa menemukan budidaya tanaman pare di ladang, halaman rumah, merambat pada anjang-anjang (rangka kayu) bambu, atau bahkan merambat pada pohon dan pagar.

Baca juga : Benih Paria Raden F1 Cap panah merah – Original pack

Hama dan penyakit tanaman ini seperti layaknya tanaman biasa. Hama dan penyakit merupakan salah satu organisme pengganggu tanaman yang menjadi salah satu faktor penyebab rusaknya pertumbuhan dan produksi tanaman. Bahkan dapat menyebabkan kematian pada tanaman sehingga menimbulkan kerugian yang besar bagi petani.

Jika tidak ingin tanaman Anda terserang hama, sebaiknya segera melakukan perawatan terhadap tanaman. Cara mengatasi hama pada tanaman pare kenali terlebih dahulu gejala dan tanda-tanda tanaman terserang hama. Berikut beberapa hama dan penyakit yang menyerang tanaman pare.

Hama dan penyakit pada tanaman pare

Berikut ini adalah penjelasan hama dan penyakit pada tanaman pare :

Hama Pada Tanaman Pare

1. Ulat Grayak ( Spodoptera Liture F )

Gejala yang ditimbulkan pada tanaman ini adalah dengan memakan bagian daun ketika malam hari, pada siang harinya ulat akan bersembunyi didalam tanah. Jika serangan hama berat maka pare pun habis dimakan ulat.

  • Melakukan pemangkasan daun yang terserang.
  • Melakukan penyemprotan dengan insektisida sesuai dengan dosis.
  • Dengan menyerang dan membasmi telur-telur dari ulat tersebut.
  • Umumnya telur yang baru menetas diambil menempel pada daun-daun atau menggunakan bahan pembasmi Kimiawi (Decis 2,5 EC, Supracide 40 EC).

2. Kepik Si Penyerang Buah Pare

Jika ulat menyerang daun terlebih dahulu maka hewan kepik atau Leptoglossus australis menyerang buah pare. Jika buah pare mengalami penyerangan dari hama ini maka buah akan menurun kualitasnya, baik dari tekstur yang rusak karena dimakan kepik maupun sari buah pare tersebut. Selain itu bekas serangan dapat ditumbuhi cendawan yang menyebabkan kebusukan pada buah pare.

Cara pengendaliannya adalah dapat dilakukan adalah pengendalian kimia dengan menyemprotkan racun kontak yang ampuh seperti azodrin dosis 2 cc/lt, sehingga kepik tidak akan menyerang tanaman pare anda.

3. Lembing (Epilachma sparsa)

Hama ini memiliki ciri berbentuk bulat dan memiliki warna bercak hitam. Hama ini menyerang pada daerah daun hingga menyisahkan tulang daun saja, hal ini menyebabkan daun menjadi kering dan berubah menjadi coklat. Dengan hal tersebut tentunya menyebabkan produksi akan berkurang.

Cara pengendaliannya, yaitu:

  • Menemukan dan menangkap telur, larva dan lembing secara langsung kemudian memusnakannya.
  • Anda juga bisa menggunakan musuh alami yaitu menggunakan tumbuhan yang bisa menjadi parasit telur, larva dan pupa.
  • Melakukan rotasi tanaman.
  • Menggunakan insektisida dengan dosis yang sesuai.

Penyakit Tanaman Pare

1. Antraknosa pada Tanaman Pare

Penyakit ini menyerang batang dan buah. Pada daun cirinya akan muncul noda hitam dan pada serangan berat warna daun akan berwarna hijau tua dengan bercak noda hitam diseluruh bagian daun. Pada musim hujan serangan ini akan lebih banyak terjadi, karena penyakit antraknosa disebabkan oleh jamur atau cendawan Collectrichum sp.

Cara pengendaliannya, yaitu:

  • Dengan melakukan pergiliran tanaman pada satu lahan yang sama.
  • Menggunakan fungisida benlate khusus jamur dengan dosis 2 gram/liter.

2. Penyakit Embun Tepung

Penyakit ini menimbulkan gejala awal dengan adanya tepung putih pada bagian bawah daun tanaman pare. Daun yang terserang akan berwarna kuning, coklat kemudian mengering. Sedangkan bagian batang yang diserang tepung akan terlapisi tepung putih seluruhnya. Penyakit ini disebabkan oleh cendawan oidium sp.

Cara pengendaliannya, yaitu:

  • Mengurangi kelembaban yang disebabkan drainase yang kurang baik.
  • Jarak tanaman jangan terlalu dekat.
  • Penyemprotan menggunakan fungisida.

3. Penyakit layu

Jenis penyakit layu ini disebabkan oleh Fusarium sp. . Gejala yang ditimbulkan pada ujung daun mengalami kelayuanDaun secara perlahan mengalami pengerutan dan kemudian mengering. Bila hal ini dibiarkan maka akan menyebabkan tanaman akan mati. Penyakit ini menyerang pada tanaman yang baru saja berkecambah dan tanaman mudah, namun tidak jarang ditemukan juga pada tanaman yang sudah dewasa.

Cara pengendaliannya, yaitu:

  • Mengambil bagian tanaman yang terserang kemudian memusnakannya dengan cara mengubur ataupun membakarnya.
  • Semprotkan larutan fungisida benlate 2 gram/liter pada tanah bekas penyakit ini menyerang.
  • Dan gunakanlah benih yang tahan terhadap serangan patogen atau penyakit ini.

Demikian informasi mengenai hama pada tanaman pare dan cara pengendaliannya semoga bermanfaat bagi Anda. Terimakasih

Artikel :Hama Dan Penyakit Pada Tanaman Pare Dan Cara Pengendaliannya

Keyword : Hama Dan Penyakit Pada Tanaman Pare hokian | Hama Dan Penyakit Pada Tanaman Pare raden | Hama Dan Penyakit Pada Tanaman Pare Lipa | Hama Dan Penyakit Pada Tanaman Pare Lokal

Previous article10 Jenis Penyakit Pada Tanaman Pepaya Dan Cara Pengendaliannya
Next articleCara Budidaya Tanaman Tomat Menggunakan Sistem Hidroponik Yang Mudah Ditiru
Ahmad Sugiarto - Menyukai tentang dunia hidroponik, menyukai dunia digital marketing dan saat ini mengelola website " golden farm 99 " . https://goldenfarm99.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here