Home Kategori Perikanan Cari Tahu Yuk, Daerah penghasil perikanan terbesar di indonesia

Cari Tahu Yuk, Daerah penghasil perikanan terbesar di indonesia

18
0
daerah penghasil perikanan terbesar di indonesia

GOLDEN FARM 99 – Tahukah anda daerah penghasil perikanan terbesar di indonesia ? Perikanan berasal dari kata dasar ikan yang berimbuhan pe dan an yang berarti segala kegiatan yang berhubungan dengan ikan. Perikanan adalah kegiatan manusia yang berhubungan dengan pengelolaan dan pemanfaatan sumberdaya hayati perairan. [wikipedia]

Indonesia yang dikenal sebaai negara maritim tentu tidak pelu diragukan lagi keberadaan sumber daya alamnya. Ada beberapa jenis biota laut yang hidup dan tinggal di seluruh perairan Indonesia dan beberapa diantaranya memiliki nilai jual ekonomis yang tinggi.

Indonesia memiliki potensi penghasil ikan tangkap terbesar didunia. Hal ini karena, wilayah negaranya berupa kepulauan sehingga sumber kekayaan alamnya berlimpah, tak terkecuali perikanan. Indonesia masuk 10 besar negaa penghasil ikan tangkap terbesar didunia.

Ikan tangkap adalah usaha penangkapan ikan dialam liar, seperti laut, sungai , danau, badan air dan lainnya. Namun, tidak semua wilayah indonesia menjadi basis produksi perikanan. Ada beberapa wilayah yang memiliki penghasil ikan terbesar di indonesia.

Daerah penghasil perikanan terbesar di indonesia

Berikut daerah penghasil perikanan terbesar di indonesia menurut ragkuman golden farm 99

1. Kabupaten Tegal, Jawa Tengah

Kabupaten yang berada di bagian utara dari jawa tengah atau berdekatan dengan laut jawa yang terkenal akan potesi ikannya. Setiap tahunnya ikan yang berhasil ditangkap bisa mencapai sekitar 1.400 ton.

Seiring berjalannya waktu, produksi ikan yang ditangkap mengalami penurunan, hal ini disebabkan karena semakin berkurang jumlah nelayan yang melaut untuk mencari ikan. Namun hal tersebut tetap menjadikan Tegal sebagai salah satu daerah penghasil ikan terbesar di Indonesia.

2. Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah

Kabupaten cilacap yang berada dibagian selatan pulau jawa, daerah penghasil ikan terbesar di Kabupaten Cilacap. Setiap harinya ikan yang berhasil ditangkap bisa mencapai sekitar 90 ton. Jenis ikan yang biasanya ditangkap, yaitu : ikan cakalang dan cumi-cumi.

Akan tetapi, Cilacap pernah mengalami penurunan jumlah produksi ikan yaitu ketika sedang musim angin barat yang mengakibatkan gelombang cukup tinggi di perairan laut selatan. Sehingga banyak nelayan enggan untuk pergi melaut dan jumlah ikan yang ditangkap mengalami penurunan. Namun hal tersebut tidak berlangsung lama, dan saat musim angin barat sudah lewat para nelayan bisa kembali melaut seperti sebelumnya.

3. Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur

Kondisi diperairan muncar yang berada diujung timur Pulau Jawa yang cukup strategis karena tempat pertemuan antara arus Laut Jawa yang beada diutara dengan Samuddra Hindia dari arah selatan.

Para nelayan akan berhenti melaut ketika bulan purnama selama 7 hingga 10 hari saja. Di sini terdapat tempat pelelangan ikan terbesar di Indonesia, tidak heran jika ikan yang ditangkap bisa mencapai lebih dari 20 ribu ton setiap tahunnya dengan jenis ikan lemuru dengan jumlah terbanyak.

4. Nusa Tenggara Timur

Nusa Tenggara Timur tidak hanya terkenal keindahan alamnya, tetapi NTT juga menjadi penghasil ikan segar terbesar di Indonesia. Setiap tahunnya ikan yang berhasil ditangkap di perairan NTT ada sekitar 13,7 % , dan sebagian besar ikan-ikan tersebut dekspor ke luar negeri serta memenuhi pasar dalam negeri.

 Jenis ikan yang paling sering ditangkap yakni ikan kembung, ikan kakap putih, udang dan tiram. Meskipun begitu masih banyak juga para nelayan yang melakukan budidaya rumput laut karena kondisi perairan di NTT sangat mendukung untuk budidaya rumput laut.

5. Sulawesi Tengah

Sumber ikan yang berada di Sulawesi Tengah berasal dari Teluk Tomoni, Teluk Tolol dan Selat Makassar. Setiap tahunnya ikan yang berhasil ditangkap bisa mencapai 8,5 % dari total kebutuhan ikan yang ada diseluruh Indonesia.

Jenis-jenis ikan berukuran besar yang ditangkap yakni ikan tuna, ikan cakalang dan ikan tongkol. Ada juga jenis-jenis ikan yang kecil seperti ikan layang, ikan teri, ikan kembung, ikan selar dan ikan tembang. Ada juga biota laut lainnya seperti, tiram, kerang , cumi-cumi, udang dan rajungan.

6. Sulawesi Selatan

Sulawesi Selatan menempati urutan pertama sebagai daerah penghasil ikan terbesar di Indonesia. Sulawesi Selatan menghasilkan ikan sebanyak 21,6 % per tahun untuk memenuhi kebutuhan ekspor. Tidak hanya pasar luar negeri, ikan dari Sulawesi Selatan juga terkenal dari dalam negeri terutama ikan cakalang dan menjadi andalan daerah ini.

Itulah beberapa daerah penghasil ikan terbesar di Indonesia. Terimakasih

Keyword : Daerah penghasil perikanan di indonesia | Daerah penghasil perikanan di jawa | Daerah penghasil perikanan di sumatera | Daerah penghasil perikanan di lampung

Previous articleCara Budidaya Tanaman Tomat Menggunakan Sistem Hidroponik Yang Mudah Ditiru
Next articleBudidaya Melon Menggunakan Sistem Hidroponik
Seorang digital marketing yang punya hobi bertanam sayuran dan buah secara hidroponik dan organik

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here