Home Kategori Perikanan Danau Toba Penghasil Ikan Nila Terbesar Di Indonesia Dan Sudah Dipercaya Pasar...

Danau Toba Penghasil Ikan Nila Terbesar Di Indonesia Dan Sudah Dipercaya Pasar Luar Negeri

2
0
danau toba

GOLDEN FARM 99 – Danau toba merupakan salah satu danau penghasil ikan nila, Ikan Nila sendiri adalah salah satu komoditas unggulan ekspor perikanan indonesia dan menjadi produk terpercaya di pasar luar negeri. Danau Toba menjadi salah satu penghasil ikan nila terbesar di Indonesia. Kontribusi ekspor ikan nila dari Danau Toba, Sumatera Utara mencapai 91,66 % dari total ekspor ikan nila di Indonesia, yaitu sebesar US$ 71,89 juta pada tahun 2020.

DANAU TOBA

Konsumen utama ikan nila di dunia adalah Amerika Serikat yang mengalahkan konsumsi di Uni Eropa dan Mesir, sebagai negara asal ikan nila. Bagi konsumen Amerika , ikan nila menjadi ikan paling populer keempat setelah udang, salmon, dan tuna. Mereka menyukai ikan Nila karena mudah disiapkan dan serbaguna.

Di tengah pandemi yang melanda dunia, konsumsi ikan Nila relatif stabil. Bahkan, secara global tren konsumsi ikan Nila semakin meningkat. Di tahun 2020, National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) mencatat, Amerika mengimpor sebanyak 190.453 ton ikan Nila atau senilai US$615 juta.

Angka tersebut menggambarkan peningkatan volume impor ikan Nila sebesar 10% dan Nilai impor sebesar 2,3% dibandingkan tahun 2019. Amerika mendatangkan ikan Nila dari China, Indonesia, Filipina, serta negara Amerika Latin seperti Brasil dan Meksiko.

Pada perdagangan ikan nila dipasar global tersebut dalam bentuk segar dan beku diantara ikan nila utuh segar, ikan nila utuh beku, fillet ikan Nila segar, dan fillet ikan Nila beku.

Penelitian bidang Ekonomi Kelautan pada Indonesia Ocean Juctice Initiative (IOJI) Suhana menjelaskan, arus ekspor ikan Nila Indonesia berasal dari 5 provinsi, yaitu Sumatera Utara, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sulawesi Utara, dan DKI Jakarta.

“Kontribusi Nilai ekspor Tilapia (nila) dari kelima provinsi tersebut masing-masing adalah 91,66%, 8,29%, 0,04%, dan 0,0001%. Berdasarkan hal tersebut, Sumatera Utara merupakan provinsi terbesar eksportir Tilapia dari Indonesia,” urainya.

Dari angka US$78,44 juta nilai ekspor ikan Nila Indonesia ke pasar global, kontribusi ekspor Nila dari Sumatera Utara mencapai US$71,89 juta.

Previous articleCara Mudah Budidaya Ikan Nila Untuk Memulai Bisnis Yang Menguntungkan
Next articleCari Tahu Yuk, Beberapa Jenis Ikan Lele Yang Di Budidayakan Di Indonesia
Penulis di golden farm 99 - Menyukai dunia blogging, menyukai berkebun dan ingin menuliskan apa yang kami tahu lewat blog ini . Mudah-mudahan menjadi ilmu yang bermanfaat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here