Home Kategori Hidroponik Jenis Tanaman Hias yang dapat ditanam Menggunakan Metode Hidroponik

Jenis Tanaman Hias yang dapat ditanam Menggunakan Metode Hidroponik

11
0
tanaman hias

Golden Farm 99 – Ingin menanam tanaman hias dan bunga tetapi tidak mempunyai lahan untuk berkebun! Jangan khawatir, karena sekarang kalian bisa menggunakan metode hidroponik. Menanam menggunakan sistem hidroponik akan lebih praktis dan mudah. Cara menanamnya tidak menggunakan media tanah melainkan menggunakan air.

Pertumbuhan tanaman hias dan bunga dengan metode hidroponik jauh lebih cepat karena menyesuaikan nutrisi untuk setiap spesies lebih mudah, semakin terjaga dari gangguan gulma, serangga dan penyakit lainnya. Selain itu, tanaman hias dan bunga hidroponik bisa berkembang dengan hasil rata-rata antar 2 dan 5 kali lebih tinggi dibanding dengan menggunakan media tanah.

Biasanya hidroponik digunakan untuk menanam sayuran dan buah lho. Namun, sekarang banyak tanaman hias menggunakan sistem hidroponik. Cara menanamnya juga tidak terlalu sulit. Berikut beberapa jenis bunga hias yang mudah ditanam menggunakan sistem hidroponik, yaitu:

Jenis – jenis tanaman hias hidroponik

1.Bunga matahari

Bunga matahari adalah tanaman bunga berwarna kuning dan membutuhkan cahaya matahari yang cukup. Selain itu, bunga matahari ditanam didepan perkarangan, karena bunga matahari membutuhkan lahan yang luas. Namun, bunga matahari bisa ditanam menggunakan sistem hidroponik. Caranya mengganti media tanah dengan air.

Biasanya bunga matahari dijadikan sebagai hiasan dekorasi rumah, letakkan bunga matahari di samping jendela agar tanaman mendapatkan sinar matahari yang cukup. Penyiraman dilakukan dengan menggunakan air dan larutan nutrisi biasanya menggunakan nutrisi AB Mix bunga. Penyiraman dilakukan sehari sekali dengan penyiraman manual.

Manfaat bunga matahari, yaitu:

  • Mengurangi peradangan
  • Mengurangi resiko penyakit jantung
  • Mengontrol diabetes
  • Menjaga kesehatan mata
  • Bagus untuk otak
  • Meningkatkan sistem imun
  • Menjaga berat badan ideal
  • Sebagai bahan dasar kosmetik

2.Anggrek (Orchidaceae)

Anggrek adalah jenis tanaman hias yang memiliki banyak keunikan. Tanaman anggrek dapat hidup di dataran rendah, hutan rimba yang panas, gurun yang kering sampai dataran tinggi. Bukan cuma mudah dirawat, anggrek memiliki kelopak yang berwarna indah sehingga sangat cocok dijadikan sebagai dekorasi ruangan baik di dalam maupun di luar.

Caranya:

  • Menggunakan media tanam seperti pecahan genting, sabut kelapa, arang dan kayu pakis.
  • Anggrek bisa ditanam menempel di dinding ataupun dengan menggunakan pot dari tanah liat kemudian disusun berundak dengan menggunakan rak atau digantung agar tidak mudah terserang hama.
  • Tanaman hias anggrek ini banyak dicari karena harganya yang cukup mahal dan sulitnya dicari untuk beberapa varietas.
  • Perawatannya, harus mengetahui verietasnya yang digunakan karena setiap verietes memiliki kondisi lingkungan yang berbeda-beda.
  • Proses penyinarannya tanaman anggrek ini dibagi menjadi 3 yaitu:
    – Anggrek yang harus terkena cahaya matahari seperti anggrek Arachnis.
    – Anggrek yang bisa tumbuh baik di tempat yang tidak terkena matahari langsung seperti anggrek Dendrobium.
    – Anggrek yang bisa tumbuh baik di tempat yang tidak terkena matahari langsung seperti anggrek Dendrobium.

Manfaat Anggrek, yaitu:

  • Meredakan masalah pernapasan
  • Meredakan demam
  • Meredakan sakit perut
  • Mencegah penuaan dini
  • Meredakan polusi
  • Menyehatkan mata

3.Lidah Buaya atau Aloe Vera

Lidah buaya atau Aloe Vera adalah  spesies tumbuhan dengan daun berdaging tebal dari genus Aloe. Lidah buaya ternyata bisa juga ditanam menggunakan sistem hidroponik.

Caranya:

  • Menggunakan media tanam hidrogelatau arang sekam.
  • Gunakan pot dari asbes atau pot kaca, karena menggunakan media hidrogel akan mempercantik tanaman tersebut.
  • Proses penyiraman bisa dilakukan 2 hari sekali atau setiap media tanam sudah mulai kering.
  • Gunakan tanaman lidah buaya yang berukuran kecil untuk diletakkan sebagai hiasan meja ruang tamu atau letakkan menggantung di halaman rumah.

Manfaat Lidah Buaya atau Aloe Vera, yaitu:

  • Bersifat Antioksidan dan Antibakteri
  • Mempercepat Penyembuhan Luka Bakar
  • Meningkatkan Kesehatan Pencernaan
  • Meningkatkan Kesehatan Mulut
  • Meredakan Fisura AnusMenurunkan Gula Darah
  • Obat Pencahar Alami
  • Berpotensi Melawan Kanker Payudara
  • Membersihkan Jerawat
  • Memperbaiki Kulit dan Mencegah Keriput
  • Mengobati Kondisi Kulit, Seperti Psoriasis dan Eksim

4.Suplir (Maidenhair Fern)

Suplir adalah tumbuhan paku-pakuan yang populer untuk penghias ruangan atau taman yang termasuk dalam marga Adiantum. Tidak sulit untuk menemukan tanaman ini, karena suplir banyak tumbuh disisi selokan yang lembab. Tanaman hias suplir dapat ditanam pada wadah atau pot khusus yang dikasih larutan hidroponik.

Cara perawatan suplir sedikit merepotkan karena suplir harus rutin dikeluarkan tiga hari sekali untuk mendapatkan sinar matahari yang cukup. Selain itu, suplir memerlukan tanah yang gembur dan kaya akan organik serta memiliki kadar nitrogen tinggi agar dapat tumbuh dengan subur. Selain difungsikan sebagai tanaman hias, suplir ini juga memiliki manfaat yang banyak dipilih dikalangan masyarakat. Manfaat tanaman hias suplir sebagai penyerap racun diudara agar terasa bersih dan segar.

5.Bunga kertas (Paperwhite)

Paperwhite memiliki bunga berwarna putih indah dan cantik. Tanaman ini biasanya dijuluki sebagai bunga kertas. Paperwhite cocok dijadikan sebagai tanaman hias yang bisa ditaruh didalam rumah. Salah satu media yang bisa dipakai untuk menanam Paperwhite adalah dengan air. Masukkan ke dalam botol yang sudah diisi air. Jika tidak ada waktu, kamu cukup mengganti airnya setiap tiga hari sekali.

Paperwhites terkenal sebagai tanaman indoor yang tidak membutuhkan banyak sinar matahari langsung. Kamu bisa mengganti tanah dengan kerikil dan air. Bunga ini memiliki aroma yang kuat yang akan memberikan kesegaran dalam ruangan.

6.Hyacinth

Hyacinth adalah tanaman yang mudah tumbuh dinegara yang memiliki musim semi. Namun, hyacinth juga bisa ditanam di daerah tropis dengan perawatan yang benar.

Tanaman bunga selanjutnya yang mudah tumbuh dan dirawat dengan hidroponik adalah hyacinth. Bahkan hyacinth sudah tersohor sebagai tanaman bunga yang dapat tumbuh meski hanya dengan segelas air. Kamu bisa meletakkan hyacinth di dalam vas atau wadah yang sudah diisi sedikit air. Agar tetap subur, pastikan hyacinth mendapatkan asupan cahaya cukup.

7.Peace Lily (Spathiphyllum)

Peace Lily (Spathiphyllum) memiliki warna bunga putih menawan dan cantik. Daunnya juga memiliki nilai dekoratif dan arsitektur yang bagus. Bunga ini sangat populer ditanam dengan hidroponik, semakin indah apalagi saat dimasukkan ke wadah kaca hias.

8.Anyelir

Ada banyak varietas dan spesies bunga anyelir. Namun semuanya memiliki kesan wangi bak parfum. Juga, melambangkan keindahan dan rumah semakin estetika dengan memajang anyelir di dalam ruangan. Anyelir bisa tumbuh mekar terpanjang dan sangat cocok untuk taman hidroponik dalam ruangan.

9.Freesia

Salah satu bunga yang punya aroma manis dengan perwujudan indah adalah freesia. Tanaman bunga berumbi ini dapat dengan mudah tumbuh jika ditanam secara hidroponik. Kamu bisa mendekorasi rumah dengan memanfaatkan keindahan bunganya yang terdiri dari putih, kuning, ungu, oranye, dan merah.

10.Daffodils

Daffodils atau narcissus termasuk tanaman hidroponik favorit, karena kamu dapat dengan mudah menumbuhkannya bahkan dengan metode dasar Kratky. Kelebihan lainnya adalah bunga ini terlihat kian menakjubkan jika ukuran kecil dan ditanam pada vas elegan atau bahkan dalam kendi sederhana berisi air.

Ketika bunga mekar akan terlihan indah dan cantik, banyak orang mempercayai seolah-olah matahari memberikan pertanda bahwa musim semi telah tiba. Bunga daffodils memiliki kelopak tengah yang termodifikasi seperti mahkota. Terkadang warnanya bisa mekar serta memiliki aroma yang berbeda dan unik.

11.Iris

Tanaman ini termasuk dalam keluarga Iridaceae dan terdiri dari 300 spesies. Tak hanya cantik buat dekorasi rumah, bunga iris juga sangat mudah beradaptasi dengan lingkungan. Tanaman bunga iris memiliki kebiasaan hidup di tanah liat yang keras, rawa, hingga kolam air. Melihat hal itu, pemikiran untuk menanam bunga iris dengan cara hidroponik muncul.

12.Amarilis

Amarilis merupakan tanaman hias bunga beasal dari daerah beriklim sedang. Bunga yang memiliki banyak verietas dan kulltivar akan terasa aman ditanam di dalam air. Amarilis dapat beradaptasi dengan baik bahkan dengan metode Kratky yang belum sempurna, yaitu ketika tanaman ini dimasukkan kedalam toples dengan akarnya didalam air.

13.Sirih Gading

Sirih Gading adalah tumbuhan merambat yang biasanya ditanam sebagai tanaman hias, biasanya ditempatkan diperkarangan rumah atau ruangan. Tanaman hias ini memiliki keunikan bentuk daunnya yang lebar dan batang yang memanjang. Cara perawatannya tidak sulit, cukup disiram dalam 2 hari sekali.

Manfaat Sirih Gading, yaitu:

  • Mampu menyerap racun pada udara
  • Memberikan pasokan oksigen
  • Baik untuk bernafas
  • Memberikan efek tenang

14.Keladi Red star

Keladi Red Star adalah termasuk salah satu jenis tanaman hias yang banyak disukai para ibu-ibu karena harga pada tanaman ini tergolong cukup murah. Tanaman hias keladi red star memiliki warna daun yang sangat cantik, daunnya berbentuk lebar, dan warna daunnya hijau bercampur dengan warna merah. Tanamna ini juga bisa ditanam dan dirawat menggunakan sistem hidroponik.

Tapi sebaiknya jenis tanaman hias hidroponik yang satu ini diletakkan di luar ruang karena jenis tanaman hias keladi red star butuh pasokan cahaya matahari yang cukup. Jika diletakkan dalam ruang, warna daun dari jenis tanaman hias hidroponik ini bisa berubah jadi pucat dan kusam.

Manfaat Keladi Red Star, yaitu:

  • Memiliki kandungan pencegah kanker
  • Mampu mengatasi stres
  • Bisa menyembuhkan bisul dan gejala batuk
  • Menjadi dekorasi yang menarik dan indah

15.Dracaena

Dracaena adalah genus tanaman hias yang banyak ditanam di Indonesia. Dracaena ini memiliki jenis yang sangat banyak, namun ada sembilan jenis yang biasa dijumpai di Indonesia. Salah satu yang sering kita lihat adalah dracaena dengan bentuk mirip bambu anyaman dengan hiasan pita merah.

Cara menanamnya menempatkan tanaman hias dracaena kedalam wadah yang berisi air untuk membuat tanaman hias hidroponik agar tetap hidup. Dengan perawatannya yang mudah, tanaman ini cocok digunakan menjadi tanaman hias indoor atau outdoor, dan bisa juga dijadikan tanaman penghias meja diruang tamu.

Manfaat dari dracaena salah satunya, yaitu:

  • Menghasilkan oksigen
  • Mengontrol kadar kelembapan pada ruanngan
  • Mampu mengatasi stres
  • Mampu melenyapkan paparan zat kimia berbahaya

Inilah salah satu jenis tanaman hias yang bisa ditanam mengunakan sistem hidroponik. Bagi pecinta bunga, nih cocok buat kalian yang ingin menanam bunga di indoor maupun outdoor. Semoga bermanfaat

Previous article3 Jenis Nutrisi Hidroponik yang banyak dicari, No. 3 Abmix nya mudah larut dan tidak banyak endapan
Next articleCara mudah budidaya tanaman wortel dengan sistem hidroponik
Penulis di golden farm 99 - Menyukai dunia blogging, menyukai berkebun dan ingin menuliskan apa yang kami tahu lewat blog ini . Mudah-mudahan menjadi ilmu yang bermanfaat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here