Home Hidroponik Sistem hidroponik Pakcoy Hidroponik Sistem Wick

Pakcoy Hidroponik Sistem Wick

127
0
Pakcoy Hidroponik Sistem Wick
Pakcoy Hidroponik Sistem Wick

Pakcoy Hidroponik Sistem Wick – Hidroponik merupakan metode dalam membudidayakan tanaman dengan memanfaatkan air namun tanpa menggunakan media tanah. Dengan metode Hidroponik maka kebutuhan air lebih sedikit jika dibandingkan dengan budidaya menggunakan tanah. Dan pengendalian nutrisi juga lebih sederhana dan dapat diberikan secara efektif dan efisien. Metode Hidroponik mulai banyak diterapkan oleh banyak orang salah satunya dalam budidaya Pakcoy.

Untuk bercocok tanam sayuran Pakcoy hidroponik sistem wick maka menggunakan sistem sumbu hidroponik dengan instalasi yang sederhana. Tentu tanpa mengurangi kualitas tanaman dari serangan hama dan layu.

Budidaya Pakcoy Hidroponik 

Memilih menanam pakcoy hidroponik dengan sistem wick  dan anda dapat memanfaatkan wadah plastik yang tidak tembus sinar matahari. Dan Pakcoy hidroponik sistem wick sangat cocok untuk para pemula. Pakcoy adalah jenis sayuran hijau yang masih berada dalam satu golongan sayuran sawi. Dan pakcoy juga sering disebut dengan sawi sendok karena menyerupai sendok.

Sistem wick adalah sistem hidroponik yang sangat sederhana dan proses pembuatannya juga sangat mudah dan biaya yang murah. Selain itu juga cocok untuk anda yang ingin budidaya tanaman dengan prinsip hidroponik. Sistem sumbu atau sistem hidroponik pasif yang tidak menggunakan sirkulasi aktif seperti pompa. Dan sistem wick hanya menggunakan sumbu untuk dapat membantu larutan nutrisi dapat naik ke tanaman dengan memanfaatkan daya kapiler.  Berikut ini beberapa keunggulan dengan menggunakan sistem wick :

  1. Biaya yang dikeluarkan lebih murah
  2. Tidak memiliki kesulitan dan mudah untuk dilakukan
  3. Cocok untuk tanaman hias kecil seperti sayuran daun, herbs.
  4. Dapat dijadikan sebagai hiasan
  5. Tidak memerlukan perhitungan yang tepat
  6. Tidak memerlukan listrik

Cara menanam Pakcoy Hidroponik sistem wick

Tanaman pakcoy memiliki rasa yang enak dan mengandung gizi yang tinggi. Sayuran hijau yang memiliki kandungan zat besi. Dan untuk cara menanam pakcoy hidroponik sama saja seperti menanam tanaman lain dengan metode hidroponik. Anda dapat memanfaatkan limbah seperti botol bekas untuk menanam pakcoy. Cara menanam Pakcoy hidroponik sistem wick :

  1. Langkah utama adalah diawali dengan persiapan peralatan.
  2. Alat dan bahan yang dibutuhkan antara lain :
  • Net pot
  • Rockwool
  • Nutrisi hidroponik
  • benih pakcoy
  • styrofoam
  • Kain flanel
  • Ember
  1. Selanjutnya ke tahap persemaian, taruh benih pakcoy di media tanah yang telah dibasahi terlebih dahulu. Taruh satu hingga dua benih pakcoy.
  2. Kemudian tutup rapat dan simpan di tempat yang gelap dan tunggu hingga tunas muncul. Lalu pindahkan ke tempatkan yang terkena sinar matahari dengan baik.
  3. Untuk penanaman pakcoy dapat dilakukan jika telah muncul 3 atau 4 helai daun di media tanam. Lalu pindahkan pakcoy pada media yang telah disiapkan dan diberi nutrisi hidroponik.
  4. Menanam pakcoy hidroponik berbeda dengan menanam pakcoy di kebun, Disini anda membutuhkan pupuk organik dan non organik.
  5. Untuk perawatan maka perlu pengecekan pakcoy secara rutin dan tidak boleh sampai kehabisan nutrisi.
  6. Untuk memanen maka memerlukan waktu selama 45 hari.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here