Home Kategori Hidroponik Cara mudah budidaya tanaman wortel dengan sistem hidroponik

Cara mudah budidaya tanaman wortel dengan sistem hidroponik

12
0
budidaya tanaman wortel

Golden Farm 99Budidaya tanaman wortel menggunakan sistem hidroponik dapat dilakukan dengan sangat mudah sistem yang digunakan adalah drip irigation dan sistem irigasi air. Prosesnya juga sederhana dan sangat mudah dipraktekkan. Menggunakan sistem hidroponik sangat hemat, karena tidak terlalu menggunakan media tanam tanah dan tidak memerlukan lahan yang luas sehingga cocok bagi Anda yang tidak mempunyai lahan.

Wortel merupakan salah satu jenis tanaman sayur yang dikenal khasiatnya bagi kesehatan mata. Biasanya wortel dihidangkan menjadi sop dan dapat diolah menjadi makanan lainnya, sepert ote-ote, lumpia, salad sayur dan lain sebagainya. Selain itu, wortel juga dapat diolah menjadi minuman segar, yaitu jus wortel.

Syarat Tumbuh Tanaman wortel

Adapun syarat tumbuh pada budidaya tanaman wortel diantaranya sebagai berikut:

  • Pertumbuhan tanaman wortel ini membutuhkan suhu optimum sekitar 15-21°C. Suhu optimum ini dapat membuat bentuk akar menjadi sempurna dan begitu juga dengan wSuhu tersebut dapat mempengaruhi tingkat pertumbuhan akar dan begitu juga pada bagian atas tanaman. Suhu optimum ini dapat membuat bentuk akar menjadi sempurna dan begitu juga dengan warna yang dihasilkannya.
  • Memilih tanah dengan kandungan bahan organik dan memiliki tingkat kesuburan yang tinggi sekitar 1200-1500 m dpl. Jenis tanah lempung serta berpasir juga sangat cocok digunakan sebagai media tanam wortel, hal tersebut karena akar wortel nantinya lebih mudah melakukan penetrasi dan hasil pertumbuhan wortel juga akan memiliki panjang serta ukuran yang cukup optimal.
  • Tanah yang baik untuk pertumbuhan wortel juga harus mengandung ph 5 – 8 dan apabila ternyata ph tanah kurang dari 5 maka anda dapat melakukan proses pengapuran. Kelembaban tanah juga harus diperhatikan dan sangat berpengaruh pada tingkat pertumbuhan wortel baik pada saat penanaman berlangsung dan juga pada saat penyemaian yang dilakukan sebelumnya.

Setelah mengetahui pentingnya syarat tumbuh budidaya tanaman wortel. Nah, kita mulai cara budidaya tanaman wortel. Berikut langkah-langkah budidaya tanaman wortel.

Alat Dan Bahan

Alat dan bahan yang akan digunakan untuk menanam wortel menggunakan sistem hidroponik sebagai berikut:

  • Benih wortel yang akan ditanam
  • Media semai
  • Media tanam yang berupa sekam bakar
  • Nutrisi hidroponik

Proses Penyemaian Wortel

Melakukan penyemaian tanaman pada wortel adalah sebagai berikut:

  • Siapkan benih wortel yang akan disemai.
  • Siapkan media tanam yaitu pot plastik dan sekam bakar.
  • Kemudian isi pot plastik menggunakan sekam bakar, kemudian basahi media sekam bakar tersebut menggunakan air bersih sampai dengan kondisi lembab.
  • Setelah itu, masukkan benih wortel yang sudah disiapkan. Kemudian tabur kembali dengan sekam bakar supaya benih tertutup oleh media.
  • Pada proses penyemaian, pastikan tanaman anda tidak terkena sinar matahari.
  • Setelah bibit tumbuh tunas putih, tanaman siap dipindahkan ke bawah sinar matahari.
  • Kemudian siram tanaman setiap pagi sampai tanaman ditumbuhi 2-3 daun sejati, tanaman bisa dipindahkan ke lahan tanam.
  • Pembibitan pada wortel dilakukan agar umbi wortel menjadi lebih kuat dan daun serta batangnya cukup kuat.

Penanaman Tanaman Wortel

Penanam dilakukan pada tanaman wortel yang harus dilakukan sebaai berikut:

  • Isi polybag menggunakan media tanam, sisakan bagian ruang kosong diatas media tanam 2-3 cm, buatlah lubang untuk meletakkan bibit wortel dengan jarak 3-5 cm pada tiap-tiap lubang.
  • Masukan bibit wortel pada lubang yang telah dibuat dan untuk setiap lubang diisi dengan 2 bibit wortel. Jika sudah tutup kembali lubang dengan menggunakan media tanam.
  • Siram bibit menggunakan air secukupnya, agar media tanam yan digunakan tetap lembab dan apabila media tanam kering segera siram dengan air. Letakkan pot diluar untuk menerima intensitas cahaya matahari secara langsung.
  • Kemudian jika tinggi tanaman sudah mencapai 3 cm maka daun bisa dipangkas sebagai perawatan awal untuk proses pertumbuhan pada tanaman wortel.
  • Perhatiakan posisi tanaman wortel yang sedang tumbuh. Apabila posisi wortel mulai bengkok, maka tambahkanlah media tanam yang baru. Jika bagian batang yang bengkok, maka bagian akar juga tidak bisa dibentuk dengan sempurna.

Pemberian Nutrisi

Pada waktu budidaya menanam wortel hidroponik, pemberian nutrisi bisa mengikuti aturan sebagai berikut :

Apabila tanaman wortel sudah mulai tumbuh dengan ketinggian 8-10 cm, kemudian tambahkan pupuk kedalam media tanam baik untuk pupuk cair ataupun pupuk kering yang dapat diberikan 1 kali dalam 2 minggu.

Panen

Tanaman wortel bisa dipanen pada usia sudah mencapai 2 – 2,5 bulan. Rasa manis yang didapat pada wortel juga bisa ditemukan ketika melakukan panen secara cepat.

Demikianlah informasi dari kami mengenai cara budidaya tanaman wortel menggunakan sistem hidroponik. Yang perlu dipehatikan, sepeti syarat tumbuh tanaman wortel, pemilihan benih, penyemaian dan pemberian nutisi pada tanaman wortel. Terimakasih

Artikel : ” Cara mudah budidaya tanaman wortel dengan sistem hidroponik

Previous articleJenis Tanaman Hias yang dapat ditanam Menggunakan Metode Hidroponik
Next articleCari tahu yuk, Apa itu Pupuk NPK Meroke FLEX G
Penulis di golden farm 99 - Menyukai dunia blogging, menyukai berkebun dan ingin menuliskan apa yang kami tahu lewat blog ini . Mudah-mudahan menjadi ilmu yang bermanfaat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here