Home Kategori Pertanian Sistem Pertanian Modern Yang Bisa Anda Terapkan

Sistem Pertanian Modern Yang Bisa Anda Terapkan

17
0
sistem pertanian modern

GOLDEN FARM 99 – Sistem Pertanian modern adalah praktik pertanian yang menggunakan ilmu dan teknologi terkini untuk meningkatkan efisiensi, efektivitas proses sekaligus mengurangi masuknya sumber daya alam seperti lahan, air, dan energi.

Pertanian di Indonesia memiliki beberapa masalah seperti menurunnya lahan pertanian karena alih fungsi, produksi yang belum optimal, distribusi yang panjang dan mahal, kepemilikan yang kecil, harga yang kurang bersaing, kualitas sumber daya manusia serta pemahaman teknologi yang rendah, dan belum sepenuhnya terintegrasi dengan indrustri pengolahan.

Sistem pertanian modern di bagi menjadi tiga, yaitu penelitian benih unggul, penggunaan teknologi yang canggih, dan penggunaan bahan kimia. Selain itu, contoh penerapan pertanian modern yang perlu dikembangkan di Indonesia adalah pertanian organik terintegrasi.

SISTEM PERTANIAN MODERN

Pupuk yang digunakan adalah pupuk organik yang dihasilkan dari limbah peternakan. Pertanian yang menggunakan sistem budidaya ini, hanya mengandalkan bahan-bahan alami tanpa menggunakan bahan kimia sintetis yang berbahaya. Beberapa sistem pertanian modern yang bisa Anda terapkan, yaitu:

1. Pertanian Hidroponik

Pertanian hidroponik adalah pertanian yang menggunakan cara budidaya dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan tanah dengan menekankan pemenuhan nutrisi pada tanaman. Cara budidayanya pun mudah Adnda perlu mengetahui cara pemilihan benih, penyemaian, dan pemberian nutrisi pada tanaman.

Lahan yang digunakan pertanian hidroponik tidak memerlukan lahan yang luas. Dengan memanfaatkan pertanian hidroponik tekstur sayur yang ditanam menggunakan sistem hidroponik sangat berbeda dengan ditanam menggunakan tanah. Tekstur sayur yang ditanam menggunakan sistem hidroponik memiliki rasa renyah, gurih, daunnya lebih lebar dan batang yang renyah.

2. Pertanian Hortikultura

Pertanian ini membudidayakan tanaman kebun dengan berbagai jenis tanaman pangan. Dalam bidang kerja hortikultura meliputi pembenihan, penumbuhan bibit, kultur jaringan, memproduksi tanaman, pengendalian hama dan penyakit, hasil panen, pengepakan produk panen, dan pendistribusian

Demikian informasi mengenai sistem pertanian modern yang bisa Anda terapkan. Semoga bermanfaat.

Previous articleMengenal Apa Itu Perikanan? Yuk bahas pengertian perikanan
Next articleCari Tahu Yuk, Komoditas perkebunan di indonesia yang punya potensi besar untuk dikembangkan
Penulis di golden farm 99 - Menyukai dunia blogging, menyukai berkebun dan ingin menuliskan apa yang kami tahu lewat blog ini . Mudah-mudahan menjadi ilmu yang bermanfaat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here