Home Kategori Perikanan Mengenal Apa Itu Perikanan? Yuk bahas pengertian perikanan

Mengenal Apa Itu Perikanan? Yuk bahas pengertian perikanan

14
0
pengertian perikanan

GOLDEN FARM 99 – Pengertian perikanan . Apa itu perikanan? Perikanan berasal dari kata dasar ikan yang berimbuhan pe dan an yang berarti segala kegiatan yang berhubungan dengan ikan. Perikanan adalah kegiatan manusia yang berhubungan dengan pengelolaan dan pemanfaatan sumberdaya hayati perairan.

PENGERTIAN PERIKANAN

Perikanan berasal dari kata dasar ikan yang berimbuhan pe dan an yang berarti segala kegiatan yang berhubungan dengan ikan. Perikanan adalah kegiatan manusia yang berhubungan dengan pengelolaan dan pemanfaatan sumberdaya hayati perairan. Sumberdaya hayati perairan tidak dibatasi secara tegas dan pada umumnya mencakup ikan, amfibi, dan berbagai avertebrata penghuni perairan dan wilayah yang berdekatan, serta lingkungannya. Di Indonesia, menurut UU RI No. 31/2004, sebagaimana telah diubah dengan UU RI No. 45/2009, kegiatan yang termasuk dalam perikanan dimulai dari praproduksi, produksi, pengolahan sampai dengan pemasaran, yang dilaksanakan dalam suatu sistem bisnis perikanan. Dengan demikian, perikanan dapat dianggap merupakan usaha agribisnis. [Wikipedia]

Pada periode Neolitic, yakni sebelum terjadinya migrasi sekala besar pada periode (3000-2000 SM), penduduk asli indonesia masih dalam fase primitif, yang mencari makan dengan cara menangkap ikan dan berburu. 

{Kemudian sekitar pada abad ke 15 dan ke 16 kelompok etnis yang disebut Bajini, makassar, bugis dan bajo merintis perdagangan tripang dan trochus untuk diperdagangkan dengan kelompok pedagang asal cina. Mungkin catatan sejarah inilah yang menimbulkan julukan “Nenek Moyangku Bangsa Pelaut”.}

BACA JUGA : Daerah penghasil perikanan terbesar di indonesia

Menurut UU RI No. 31/2004, di Indonesia sebagaimana telah diubah dengan UU RI No. 45/2009, kegiatan yang termasuk dalam perikanan dimulai dari praproduksi, produksi, pengolahan sampai dengan pemasaran, yang dilaksanakan dalam suatu sistem bisnis perikanan. Dengan demikian perikanan dianggap sebagai usaha agribisnis. Tujuannya menyediakan kebutuhan pangan bagi manusia meliputi olahraga, rekreasi (pemancingan ikan), dan untuk membuat perhiasan, atau mengambil minyak ikan.

Kelebihan produk perikanan

  • Memenuhi kebutuhan pangan, produk perikanan dapat memenuhi kebutuhan konsumsi masyarakat.
  • Menjadi sumber nafkah, masyarakat yang tinggal di wilayah tepi pantai dapat menjadikan ikan sebagai sumber nafkah. Tak hanya nelayan, namun budidaya ikan air tawar juga dapat menjadi pilihan peluang usaha. Seperti beternak lele atau nila yang hasilnya dapat dijual.
  • Banyak pilihan, pilihan bagi yang ingin menjalankan budidaya ikan air tawar sangat beragam, saat ini banyak jenis ikan air tawar yang dapat dengan mudah dibudidaya di kolam.
  • Mudah dilakukan budidaya ikan air tawar seperti lele, bandeng, udang dan nila tidak sulit dilakukan, tidak perlu menjadi ahli perikanan namun metode dan tekniknya dapat dipelajari oleh orang awam. Saat ini juga sudah banyak kemudahan seperti kolam yang siap pakai, benih dan peralatan yang dibutuhkan.

Kekurangan produk perikanan

Produk ikan juga memiliki kekurangan ditinjau dari berbagai sisi, berikut penjelasannya.

  • Tingkat Mortalitas tinggi
    Banyak faktor yang berpengaruh dalam produk perikanan, antara lain faktor cuaca, lingkungan dan kondisi air atau lingkungan. Seperti misalnya komoditi udang yang rentan mati dan busuk.
  • Modal Yang Besar
    Meskipun mudah dilakukan, namun budidaya ikan tawar juga membutuhkan modal yang besar karena membutuhkan persiapan yang maksimal agar hasil panen optimal.
  • Memakan waktu lama
    Budidaya ikan air tawar, termasuk juga udang dan rumput laut membutuhkan pengawasan untuk memastikan kondisi ikan, cuaca dan juga kualitas hidup ikan.

Manfaat ekonomi perikanan

  • Memenuhi kebutuhan pangan dan gizi masyarakat.
  • Memberikan penghasilan bagi masyarakat terutama mereka yang hidup di daerah dekat perairan.
  • Menaikkan derajat ekonomi rakyat.
  • Membantu pertumbuhan ekonomi nasional.
  • Membantu pemenuhan pangan dunia sebagai pemasok (ekspor) perikanan.
  • Meningkatkan devisa negara.

Demikian informasi dari kami mengenai Pengertian perikanan, semoga bermanfaat bagi Anda. Terimakasih

Keyword : Pengertian perikanan menurut wikipedia | Pengertian perikanan dari sumber bebas | Pengertian perikanan yaitu

Previous articleCari Tahu Yuk. Penyebab Ikan Lele Mati Mendadak
Next articleSistem Pertanian Modern Yang Bisa Anda Terapkan
Penulis di golden farm 99 - Menyukai dunia blogging, menyukai berkebun dan ingin menuliskan apa yang kami tahu lewat blog ini . Mudah-mudahan menjadi ilmu yang bermanfaat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here