Home Berita Terbaru Benarkah Lebih Sehat? Ini Keunggulan Sayuran Organik Ketimbang Sayuran Biasa

Benarkah Lebih Sehat? Ini Keunggulan Sayuran Organik Ketimbang Sayuran Biasa

55
0
keunggulan sayuran organik

Dari waktu ke waktu, semakin banyak orang yang suka dengan keunggulan sayuran organik. Masyarakat mulai paham tentang manfaat dan keunggulan sayuran organik dari media internet yang mudah diakses dari smartphone.

Bahkan, industri makanan organik juga semakin booming. Sayuran organik dianggap lebih menyehatkan tubuh dalam jangka panjang, ketimbang sayuran biasa atau non organik. 

Memang tak bisa dipungkiri, harganya relatif lebih mahal. Akan tetapi, sepadan dengan kesehatan tubuh yang tetap terjaga hingga usia lanjut nanti. 

Berikut ini adalah keunggulan sayuran organik yang bisa didapatkan dengan mengonsumsi secara rutin.

1. Sayuran lebih segar. 

Kamu bisa membeli produk sayuran organik langsung dari petani atau pembudidaya. Jadi, sayuran benar-benar segar dan baru saja dipetik atau dipanen. 

Meskipun kamu membeli sayuran segar di supermarket atau pasar tradisional juga tidak apa-apa. Asalkan, tampilannya masih segar dan tidak ada perubahan yang signifikan dari kualitasnya. 

2. Bebas bahan kimia dan pestisida

Selanjutnya, keunggulan sayuran organik adalah bebas bahan kimia dan pestisida. Untuk mempercepat pertumbuhan, sayuran organik dibudidayakan dengan bahan-bahan alami seperti kompos atau pupuk kandang. Terlalu banyak konsumsi pestisida kimia dikaitkan dengan berbagai penyakit. Seperti kanker, sakit kepala, ADHD, melemahnya sistem kekebalan, dan lainnya.

Oleh karena itu, sayuran organik menawarkan hidup sehat yang lebih baik, terutama bagi anak-anak yang rentan racun pestisida di masa emas pertumbuhannya. 

3. Rasanya lebih enak. 

Lebih lanjut, keunggulan sayuran organik lainnya adalah rasanya yang lebih nikmat daripada sayuran biasa. Hal ini disebabkan struktur mineral dan gula yang ada dalam sayuran organik lebih matang dan berkembang sempurna. 

BACA JUGA  Manfaat Wortel bagi Kesehatan dan kandungan nilai gizi wortel

Secara umum, hal ini membuat sayuran dan buah-buahan organik memiliki kualitas cita rasa yang lebih tinggi dibandingkan sayuran yang ditanam konvensional. 

4. Memperkuat sistem imunitas tubuh. 

Tahukah kamu, sayuran organik juga bisa memperkuat imun tubuh? Sistem pertanian dengan modifikasi teknologi kimia terkadang dapat mempengaruhi kesehatan tubuh dalam jangka panjang. Akibatnya, muncul berbagai penyakit autoimun maupun alergi. 

Tapi, dengan buah atau sayuran organik, risiko penurunan sistem kekebalan tubuh bisa dicegah. Sebab, sayuran organik tumbuh secara alami dan tidak dimodifikasi atau direkayasa sama sekali. Makanan atau sayuran organik juga memiliki kualitas kandungan vitamin dan mineral yang lebih tinggi untuk meningkatkan imun tubuh. 

5. Ramah lingkungan. 

Tentunya, kamu juga setuju kan, kalau keunggulan sayuran organik adalah ramah lingkungan. Mulai dari proses pengolahan tanah, penanaman, pemupukan, hingga proses panen, sayuran organik dibudidayakan dengan metode alamiah. Sehingga, tidak ada bahan kimia yang dimasukkan ke air, udara, atau tanah kita. 

6. Kandungan vitamain dan mineral tinggi ( zat bs dan zink )

Dengan mengkonsumsi sayuran organik lebih dapat melawan kanker dan orang yang memakan makanan organik, kekebalan tubuhnya meningkat, tidur lebih nyenyak, dan berat badannya lebih ringan dari pada yang mengkonsumsi makanan non-organik. ( Sumber : litbang pertanian )

Jadi, kalau kita ingin melestarikan planet bumi untuk generasi mendatang, kita perlu membuat perubahan sekarang! Dan beralih mengonsumsi sayuran organik yang bebas bahan kimia. 

Baca juga : 5 Manfaat yang didapat jika rutin mengkonsumsi daun kale

Bagaimana cara budidaya sayuran organik untuk pemula?

Tertarik ingin menanam sayuran organik di pekarangan rumah atau lahan pribadi? Bagi para pemula mungkin masih bingung untuk memulai budidaya sayuran organik. Namun jangan khawatir, karena sekarang sudah ada tempat belanja berbagai kebutuhan agrikultur dan hidroponik. 

BACA JUGA  Ternyata ini manfaat Sayur Bayam, salah satunya mampu menjaga kesehatan tulang

GOLDEN FARM 99 hadir sebagai platform agriculture shop dan hidroponik yang melayani kebutuhan kebun dan pertanianmu cukup sekali klik! Mulai dari berbagai bibit sayuran dan buah-buahan, alat fertigasi, alat pertanian, media tanam, perlengkapan greenhouse, dan masih banyak lagi produk lainnya. Cek langsung ke webstore GOLDEN FARM 99 untuk order hari ini, ya! Selamat mencoba budidaya sayuran organik.

Previous article5 Manfaat daun kale, No 5 Cocok untuk mencegah penyakit ini
Next articleJenis-jenis Media Tanam Organik dan Anorganik. No 1 yang sering dipakai untuk hidroponik
Ahmad Sugiarto - Menyukai tentang dunia hidroponik, menyukai dunia digital marketing dan saat ini mengelola website " golden farm 99 " . https://goldenfarm99.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here