Home Berita Terbaru 5 Manfaat daun kale, No 5 Cocok untuk mencegah penyakit ini

5 Manfaat daun kale, No 5 Cocok untuk mencegah penyakit ini

44
0
daun kale
Manfaat daun kale

Golden farm 99 – Berbicara tentang manfaat sayur dan buah memang seakan akan tidak ada habisnya. Banyak research yang sudah dilakukan untuk mengetahui berbagai jenis manfaat yang akan didapatkannya jika mengkonsumsinya sesuai dosis dan anjuran tidak berlebihan. Pada artikel ini kami akan membahas sedikit dari sekian banyak manfaat jika kita mengkonsumsinya secara teratur.

APA ITU DAUN KALE ?

Sebelum membahasnya lebih mendalam, kita akan coba membahas tampilkan Apa itu daun kale ? dikutip dari wikipedia adalah “Kubis keriting atau kale, adalah tumbuhan kultivar yang termasuk dalam spesies Brassica oleracea yang ditanam untuk daunnya yang dapat dimakan, meskipun beberapa digunakan sebagai tanaman hias. Tumbuhan kale memiliki daun berwarna hijau atau ungu, dan daun pusatnya tidak membentuk kepala.” Dengan Nama ilmiah : Brassica oleracea var. sabellica

KANDUNGAN GIZI DAUN KALE

Berikut ini kami paparkan kandungan gizi daun kale ( PER 100 GRAM )

Jumlah Per 100 g100 g
Kalori (kcal) 49
Jumlah Lemak 0,9 g
Lemak jenuh 0,1 g
Kolesterol 0 mg
Natrium 38 mg
Kalium 491 mg
Jumlah Karbohidrat 9 g
Protein 4,3 g
Vitamin C120 mgKalsium150 mg
Zat besi1,5 mgVitamin D0 IU
Vitamin B60,3 mgVitamin B120 µg
Magnesium47 mg
Dikutip dari wikipedia dan fdc.nal.usda.gov

MANFAAT MENGKONSUMSI SAYUR DAUN KALE

Setelah membahas apa itu daun kale kemudian kandungan gizi daun kale selanjutnya adalah manfaatnya jika kita mengkonsumsi secara teratur daun kale ini ( dikutip dari alodokter )

Melawan Penyakit Kanker

Daun kale mempunyai potensi sebagai antikangker yang baik. Daun kale memiliki potensi sebagai antikanker yang baik. Manfaat kale ini didapat dari kumpulan senyawa bioaktif di dalamnya yang terbukti dapat meningkatkan proses detoksifikasi tubuh dan melindungi sel dari kerusakan DNA, sehingga dapat menghambat pertumbuhan dan perkembangan sel kanker.

Terlebih lagi, kandungan vitamin C pada daun kale yang melimpah juga dapat mengurangi peradangan, memperkuat sistem kekebalan, dan mencegah bahaya oksidasi dalam tubuh. Khasiat ini juga dapat berkontribusi dalam melindungi tubuh Anda dari penyakit kanker.

BACA JUGA : 5 JENIS SISTEM HIDROPONIK YANG DIPAKAI DI INDONESIA

Menyehatkan Jantung

Daun kale bisa menjadi pilihan makanan yang tepat bagi Anda yang menderita atau ingin mencegah penyakit jantung. Pasalnya, daun kale mengandung berbagai zat yang berkhasiat menurunkan kadar kolesterol darah, sekaligus mampu membantu mencegah kerusakan pada dinding arteri.

Manfaat kale yang satu ini telah dibuktikan oleh riset yang menemukan bahwa konsumsi jus kale setiap hari selama 12 minggu mampu meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) hampir 30% dan menurunkan kolesterol jahat (LDL) sebesar 10%.

Bahkan, sebuah studi menunjukkan bahwa kale yang dikukus memiliki potensi yang sama dengan cholestyramine, yaitu obat penurun kolestrol tinggi

Menjaga Kesehatan Mata

Gangguan pada penglihatan merupakan salah satu tanda penuaan yang tak bisa dipungkiri. Untungnya, ada beberapa cara sederhana yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan kesehatan mata. Salah satunya adalah rutin mengonsumsi daun kale..

Khasiat daun kale ini ada berkat kuatnya kandungan antioksidan zeaxanthin dan lutein yang mampu melindungi retina dan lensa mata Anda dari penyakit mata yang umum terjadi seperti degenerasi makula dan katarak.

Mendukung kerja sistem pembekuan darah

kale merupakan salah satu sumber vitamin K yang baik untuk kesehatan tubuh. Vitamin ini memiliki peran penting dalam proses pembekuan darah. Jika proses ini terganggu, tubuh bisa mengalami perdarahan berlebih.

Mencegah diabetes

Kandungan mangan dan magnesium pada kale diketahui mampu mengurangi risiko resistensi insulin. Hal ini membuat gula darah lebih mudah terkontrol, sehingga risiko Anda untuk terkena diabetes tipe 2 dan penyakit jantung akan lebih rendah.

Kini Anda sudah mengetahui apa saja manfaat kale untuk kesehatan tubuh. Anda bisa mulai mengonsumsinya dengan berbagai cara sederhana, seperti menambahkan kale ke dalam salad, smoothieoatmeal, atau sup.

Selain mengonsumsi kale, jangan lupa untuk tetap melengkapi kebutuhan nutrisi Anda dengan mengonsumsi berbagai sayur, buah, serta sumber protein dan lemak sehat yang tidak kalah pentingnya. Bila perlu, berkonsultasilah dengan dokter mengenai pola dan menu makan yang baik untuk kondisi kesehatan Anda.

Previous articleTerbaru, Cara mudah Hidroponik Tanam Bunga Mawar Hitam
Next articleBenarkah Lebih Sehat? Ini Keunggulan Sayuran Organik Ketimbang Sayuran Biasa
Ahmad Sugiarto - Menyukai tentang dunia hidroponik, menyukai dunia digital marketing dan saat ini mengelola website " golden farm 99 " . https://goldenfarm99.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here