Home Kategori Pertanian Contoh Pertanian Organik di Indonesia yang Menginspirasi

Contoh Pertanian Organik di Indonesia yang Menginspirasi

36
0
contoh pertanian organik di indonesia

GOLDEN FARM 99 – Barangkali kamu ingin menjadi pembudidaya tanaman organik? Maka, contoh pertanian organik di Indonesia di artikel ini, mungkin bisa menjadi sumber inspirasi. Contoh pertanian organik di Indonesia di antaranya sebagai sumber penghasil komoditas utama. Seperti kopi, padi, minyak kelapa, cokelat, madu, dan masih banyak lagi. Dalam industri lokal, petani organik banyak menjual sayuran dan padi karena sering dikonsumsi masyarakat Indonesia sehari-harinya. 

Salah satu contoh pertanian organik di Indonesia yang modern adalah Yayasan Bina Sarana Bakti (BSB) di Bogor, Jawa Barat. Mengapa Yayasan Bina Sarana Bakti (BSB) sampai bisa dinobatkan sebagai pelopor contoh pertanian organik di Indonesia? Dan, bagaimana cara mereka mengelola pertanian organik? Baca terus artikelnya sampai habis, ya!

Sejarah singkat Yayasan Bina Sarana Bakti (BSB). 

Pada awalnya, Yayasan Bina Sarana Bakti (BSB) didirikan pada 7 Mei 1984 di Bogor, Jawa Barat. Digagas oleh Pater Agatho Elsener yang turut didukung dari Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) pada 1985.

Hanya bermula dari membaca buku berjudul “The One Straw Revolution” (Revolusi Sebatang Jerami) karya Masanobu Fukuoka. Pater Agatho kemudian mengembangkan pertanian organik yang selaras dengan lingkungan hidup dan alam. 

Berselang 3 tahun sejak didirikan, hampir semua lahan Yayasan Bina Sarana Bakti diolah dengan konsep pertanian organik. Yaitu, proses penanaman tanpa pestisida atau bahan kimia buatan. Akhirnya, pada 1987 tersebut, Yayasan Bina Sarana Bakti didapuk menjadi pelopor contoh pertanian organik di Indonesia. 

Memenuhi standar sertifikasi organik ICERT.

Dalam pengelolaan dan budidaya tanaman organik, membagi setiap tanaman berdasarkan kategorinya. Misalnya sayuran, buah, atau herbal. Lahan Yayasan Bina Sarana Bakti, terdiri dari lebih dari 60 jenis sayuran, serta lebih dari 20 produk herbal.

Sayuran yang dikonsumsi daun-daunnya, seperti: selada, pakchoi, dan caisim. Sedangkan, sayuran buah terdapat jagung, tomat, dan umbi-umbian seperti lobak, bit, dan wortel. Hebatnya lagi, lahan pertanian organik ini sudah mengantongi sertifikasi ICERT, yaitu lisensi atau sertifikasi organik yang diakui di Indonesia dan Internasional. 

Tersedia berbagai pelatihan dan edukasi pertanian organik. 

Sebagai pelopor dan contoh pertanian organik di Indonesia, Yayasan Bina Sarana Bakti (BSB) ikut berpartisipasi aktif mengedukasi dan membantu pelatihan masyarakat di bidang pertanian organik. 

Bila ada mahasiswa, pelajar, maupun kalangan masyarakat umum yang tertarik ingin mendalami pertanian organik lebih lanjut, Yayasan Bina Sarana Bakti (BSB) menyediakan program khusus. 

Program ini didukung tim dan tenaga ahli yang berpengalaman di bidang pertanian organik. Meliputi: konsultasi pertanian organik, pelatihan karyawan di industri agrikultur, instansi pemerintah, assessment, pendampingan berkebun, pembicara untuk workshop/ seminar, dan masih banyak lagi. 

Yang jelas, tujuan Yayasan Bina Sarana Bakti (BSB) hanya satu, yaitu ikut mengedukasi dan memberikan pengetahuan lebih lanjut tentang pertanian organik ke masyarakat di Indonesia. 

Wisata pertanian organik. 

Di samping memberikan berbagai program edukasi dan pelatihan, Yayasan Bina Sarana Bakti (BSB) sebagai salah satu teladan dan contoh pertanian organik di Indonesia juga menyediakan wisata pertanian organik.

Sarana wisata ini diwujudkan dalam bentuk Agatho Organik Park beserta penginapan di wilayah Puncak Cisarua, Bogor, Jawa Barat. Mengusung tema pertanian organik, wisata edukatif ini menghadirkan beragam acara wisata yang menarik. Seperti melihat ke lokasi kebun sayur, berkeliling bersama tour guide, diajarkan cara atau teknik pertanian organik, dan masih banyak lagi. 

Terakhir, tak lupa mencicipi aneka buah dan sayuran organik yang bisa dipetik sendiri. 

Mencoba pertanian organik di kebun sendiri? Bisa kok!

Pertanian organik sebenarnya tidak membutuhkan lahan yang luas. Bahkan, dengan media pot atau polybag juga bisa menumbuhkan berbagai sayuran dan buah-buahan organik. 

Terlebih lagi, sekarang kamu bisa membeli semua kebutuhan agrikultur dan budidaya tanaman organik cukup di satu platform. Golden Farm 99 adalah webstore agrikultur dan hidroponik yang menyediakan layanan pertanian organik lengkap dengan harga terjangkau. Buktikan sendiri, kunjungi Golden Farm 99 sekarang!

Previous articleContoh Tanaman Organik dan Anorganik yang Bisa Dibeli di Pasaran. Salah satunya buah ini yang banyak ditanam petani
Next article4 Hal yang Harus Dihindari Pada Budidaya Tanaman Sayuran Organik
Ahmad Sugiarto - Menyukai tentang dunia hidroponik, menyukai dunia digital marketing dan saat ini mengelola website " golden farm 99 " . https://goldenfarm99.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here