Home Kategori Pertanian Apa itu Tanaman Organik Akuaponik dan Cara Budidayanya

Apa itu Tanaman Organik Akuaponik dan Cara Budidayanya

79
0
tanaman organik akuaponik
sumber image : bisnisukm.com

Golden Farm 99 – Tanaman organik akuaponik, Seiring berkembangnya zaman dan teknologi, alih fungsi lahan seringkali terjadi. Pertumbuhan perekonomian dan pembangunan yang cukup pesat di wilayah perkotaan telah membuat potensi lahan semakin menyempit. Hal ini terbukti dari banyaknya alih fungsi lahan dari lahan pertanian ke lahan pemukiman di wilayah perkotaan. 

Dengan kondisi tersebut, peluang aktivitas pertanian manusia menjadi terhambat oleh kapasitas lahan yang kurang memadai. Oleh karena itu, diperlukan suatu sistem pertanian yang terintegrasi untuk menghasilkan produk pertanian yang optimal di lahan yang terbatas. Salah satunya dapat dilakukan dengan bertani tanaman organik akuaponik.

Apa itu Tanaman Organik Akuaponik?

Tanaman organik akuaponik adalah tanaman yang dihasilkan dari sistem budidaya akuaponik. Sistem budidaya akuaponik merupakan suatu teknik dalam budidaya tanaman yang dilakukan secara bersamaan dengan budidaya hewan air, seperti ikan, udang, maupun moluska. Dengan kata lain, tanaman organik akuaponik merupakan tanaman organik yang dihasilkan dalam proses budidaya tanaman yang terintegrasi dengan budidaya hewan air. 

Hewan air yang biasa digunakan pada umumnya adalah ikan. Adapun, jenis ikan yang biasa digunakan untuk bertani tanaman organik akuaponik adalah ikan nila. Dalam hal ini, sistem budidaya tanaman organik akuaponik sangat baik digunakan untuk budidaya berbagai sayuran hijau. Namun, tidak menutup kemungkinan juga untuk budidaya jenis sayuran lainnya. 

Hal ini karena, sistem budidaya akuaponik dapat menumbuhkan hampir berbagai macam jenis sayuran. Adapun, beberapa jenis sayuran yang dinilai baik untuk dibudidaya secara akuaponik antara lain, seperti tomat, cabai, terong ungu, melon, dan sebagainya.

Bagaimana Sistem Budidaya Tanaman Organik Akuaponik?

Dalam menghasilkan tanaman organik akuaponik, diperlukan sebuah sistem budidaya sayuran dan hewan air yang telah terintegrasi. Dalam hal ini, terjadi hubungan simbiosis mutualisme (saling menguntungkan), antara tanaman dan ikan. Ikan berfungsi sebagai sumber pupuk organik bagi tanaman melalui feses dan amonia yang dihasilkan pada proses metabolisme. 

Hal ini tentunya kondisi yang sangat menguntungkan, karena apabila feses ikan tetap dibiarkan maka akan menjadi racun yang dapat membahayakan kelangsungan hidup ikan. Oleh karena itu, kehadiran tanaman berfungsi sebagai filter vegetasi yang akan menyerap feses untuk digunakan sebagai unsur hara bagi tanaman, sehingga tidak ada lagi zat berbahaya yang dapat membahayakan ikan. 

Di sisi lain, tanaman akan mendapatkan nutrisi organik yang diperlukan untuk mempercepat pertumbuhan dan perkembangannya. Selain itu, kehadiran tanaman juga akan memberikan suplai oksigen yang baik untuk kelangsungan hidup ikan di dalam air. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa sistem budidaya tanaman organik akuaponik sangat menguntungkan jika dilihat dari berbagai sisi.

Keuntungan Budidaya Tanaman Organik Akuaponik.

Budidaya tanaman organik akuaponik memberikan banyak keuntungan, antara lain sebagai berikut.

  1. Biaya yang dikeluarkan cukup ringan, tetapi hasil yang didapatkan bisa optimal.
  2. Sumber pupuk organik dari kotoran ikan.
  3. Produk tanaman yang dihasilkan 100% organik karena menggunakan pupuk organik dari kotoran hasil metabolisme ikan.
  4. Budidaya tanaman organik menghasilkan dua produk sekaligus dalam satu kali masa produksi, yaitu tanaman organik dan hewan air (ikan).
  5. Sistem budidaya tanaman organik dinilai berkelanjutan dan sangat menguntungkan karena adanya simbiosis mutualisme antara tanaman dan ikan.
  6. Sistem budidaya tanaman organik dapat menampung 10 kali lipat jumlah tanaman pada luas daerah yang sama. Hal ini membuktikan bahwa fungsi lahan pada budidaya tanaman organik sangat optimal.
  7. Dalam pemeliharaannya, tanaman organik tidak memerlukan penyiangan dan penyiraman.
  8. Budidaya tanaman organik terbebas dari hama tanah, sehingga keberhasilan dalam budidaya dan keuntungan yang akan dihasilkan bisa lebih besar.

Dimana Tempat Belanja Perlengkapan Budidaya Tanaman Organik Akuaponik yang Terpercaya?

Budidaya tanaman organik akuaponik memang menguntungkan dan perawatannya gak ribet. Makanya, banyak orang yang senang dan ingin mencoba menanam. Nah, buat kamu yang pengen coba buktikan, belanja dulu perlengkapan budidaya tanaman organik Akuaponik di Golden Farm 99

Tersedia perlengkapan lengkap, mulai dari media tanam, bibit/ benih tanaman organik, peralatan irigasi, dan masih banyak lagi. Ada pertanyaan atau butuh konsultasi secara GRATIS? Hubungi via Whatsapp: +62877-8809-5686.

Previous article4 Hal yang Harus Dihindari Pada Budidaya Tanaman Sayuran Organik
Next articleCara Menggunakan Pupuk Npk Mutiara 16-16-16 Dan Manfaatnya
Ahmad Sugiarto - Menyukai tentang dunia hidroponik, menyukai dunia digital marketing dan saat ini mengelola website " golden farm 99 " . https://goldenfarm99.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here