Home Kategori Perikanan Cari Tahu Yuk. Penyebab Ikan Lele Mati Mendadak

Cari Tahu Yuk. Penyebab Ikan Lele Mati Mendadak

6
0
penyebab ikan lele mati

GOLDEN FARM 99 – Penyebab ikan lele mati mendadak salah satunya adalah air yang tidak sehat . Budidaya ikan lele emang cukup mudah, namun pasti ada kendalanya. Diantaranya ikan lele mati secara mendadak. Anda akan mengalami kerugian jika mengalami hal seperti ini. Kerugian  ini biasanya berawal dari banyaknya ikan lele yang mati, selain itu banyaknya pakan yang dikeluarkan tetapi ikan tumbuh dengan tidak sesuai yang diharapkan. Cari tahu yuk, penyebab ikan lele mati secara tiba-tiba.

PENYEBAB IKAN LELE MATI MENDADAK

Berikut ini adalah penyebab ikan lele mati mendadak :

1. Air kolam tercemari zat beracun

Kolam terpal yang langsung dipakai buat budidaya ikan biasanya itu masih mengandung zat kimia yang bisa meracuni ikan lele, meski kata penjulanya ini bisa langsung dipakai tapi lebih baik dicuci dahulu dan dijemur baru kemudian diisi air selama 3 hari sampai seminggu lalu buang lagi airnya, baru diisi dengan air baru jangan lupa pakai juga probiotik ikan, misalnya probiotik Biogan atau probiotik yang lain. Pada umumnya biasanya zat beracun tersebut berasal dari sisa pakan yang menendap didasar kolam.

Cara Mengatasinya: Gantilah air kolam sebanyak 40% dari jumlah volume air yang ada, setelah 10 hari lakukan pergantian dan penambahan air.

BACA JUGA : Cara Budidaya Ikan Lele Yang Mudah Bagi Pemula

2. pH air yang berubah secara ekstrem

PH air juga merupakan hal yang perlu dipertahankan, ketika awal pembuatan kolam, PH juga harus dikondisikan sedemikian rupa agar dapat memenuhi syarat ideal bagi hidup lele. Penyebab PH air berubah dalam waktu singkat salah satunya adalah air hujan pertama yang jatuh pada kolam.

Cara Mengatasinya: 

  • Jika turun hujan pada hari pertama.
  • Segera ganti air kolam.
  • Pergantian air kolam dapat dilakukan sebagian.
  • Lebih baik dalam mengganti air kolam menggunakan mesin diesel.

3. Air kolam suhunya terlalu panas

Pertahankan suhu air kolam berkisaran 25-30°C. Benih lele sangat sensitif terhadap suhu yang terlalu panas, akibatnya lele akan mudah stres dan nafsu makan berkurang. Pencernaan dan metabolisme tubuh tidak berfunsi dengan baik , lama kelamaan lele akan mati.

Cara Mengatasinya:

  • Pasanglah terpal plastik untuk mencegah masuknya sinar matahari secara langsung ke air kolam.
  • Menggunakan tanaman eceng gondong yang dapat menjadi tepat peersembunyian ikan lele.
  • Selain itu, eceng gondok juga berfungsi sebagai inang bagi sejumlah mikroorganisme yang dapat dijadikan sumber pakan alami bagi lele.

4. Pemberian pakan yang berlebihan

Pakan pabrik atau pelet adalah salah satu kuci sukses suapaya ikan lebih cepat panen. Tapi jika kelebihan juga tidak baik bagi ikan lele, biasanya bisa mengakibatkan kematian.

Pakan adalah faktor yang sangat penting dalam budidaya pembesaran ikan, dengan pakan yang baik maka ikan-ikan lele akan cepat besar dan tetunya cepat panen, tapi faktor penting juga ternyata menjadi faktor yang berbahaya kalau kita kelebihan pakan, karena ini akan membuat tumpukan bahan organik di bawah dan menyebabakan munculnya gas amoniak dan meracuni ikan-ikan lele, meski ikan lele adalah ikan yang kuat tapi kadar oksigen yang kurang dan dipenuhi oleh amoniak berlebihan maka jelas ini akan meracuni ikan-ikan lele.

Cara Mengatasinya:

  • Pemberikan pakan ikan jangan terlalu banyak jika ikan lele lagi tidak nafsu makan, kurangi porsi makannya.
  • Gunakan suplemen organik dan probiotik.

Demikianlah cara mengatasi ikan lele secara mendadak mati, semoga bermanfaat bagi Anda yang inin budidaya ikan lele untuk bisnis dan hasil budidayanya melimpah. Terimakasih

Keyword : penyebab ikan lele mati mendadak di kolam bundar | penyebab ikan lele mati mendadak di kolam terpal

Previous articleCari Tahu Yuk, Cara Budidaya Ikan Lele Yang Mudah Bagi Pemula
Next articleMengenal Apa Itu Perikanan? Yuk bahas pengertian perikanan
Penulis di golden farm 99 - Menyukai dunia blogging, menyukai berkebun dan ingin menuliskan apa yang kami tahu lewat blog ini . Mudah-mudahan menjadi ilmu yang bermanfaat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here