Home Kategori Manfaat daun dan buah Inilah Manfaat Buah Melon Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Inilah Manfaat Buah Melon Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

6
0

GOLDEN FARM 99 – Buah melon (Muskmelon) adalah nama buah sekaligus tanaman yang menghasilkannya yang termasuk dalam suku labu-labuan atau Cucurbitaceae. Buahnya biasanya dimakan segar sebagai buah meja atau diiris-iris sebagai campuran es buah. Bagian yang dimakan adalah daging buahnya. Buah ini berbentuk bulat yang berasal dari jenis Cucumis melo. Ciri khasnya tampak pada warna kulitnya yang hijau kekuningan dan daging buahnya yang hijau terang. Ada juga yang memiliki daging berwarna jingga atau melon jingga yang dikenal sebagai Cantalaupe.

Buah melon ini banyak disukai di kalangan masyarakat. Buah ini memiliki rasa yang manis dan segar pada saat di konsumsi. Selain segar, melon juga kaya akan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh dan kecantikan. Pada saat Anda mengalami dehidrasi, melon menjadi salah satu solusinya. Kandungan air didalam melon cukup tinggi, sehingga efektif untuk mencegah dehidrasi.

Bukan cuma kaya nutrisi buah ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh dan kecantikan. Manfaat melon tak lain karena memiliki kandungan nutrisi . Dalam satu porsi buah melon terkandung sekitar 60-75 kalori dan 150 ml air. Dengan mengonsumsi sepotong melon seberat 100 gram. Berikut beberapa kandungan nutrisi di dalam melon diantaranya yaitu:

  • Protein: 0,5 gram.
  • Energi: 36 kkal.
  • Serat: 9 gram.
  • Karbohidrat: 9 gram.
  • Kalium: 450 mg
  • Fosfor: 11 mg
  • Lemak: 0,15 gram
  • Thiamin (Vitamin B1): 0,04 mg
  • Riboflavin (Vitamin B2): 0,01 mg
  • Niasin (Vitamin B3): 0,4 mg
  • Asam Pantotenat (Vitamin B5): 0,16 mg
  • Vitamin C: 18 mg
  • Besi: 0,17 mg
  • Kalium: 228 mg
  • Natrium: 18 mg
  • Zinc: 0,09 mg

Manfaat Buah Melon Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Ada beberapa manfaat buah melon yang perlu Anda ketahui diantaranya untuk kesehatan dan kecantikan. Berikut manfaat buah melon, yaitu:

BACA JUGA  Inilah Manfaat Buah Melon Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

1. Menyehatkan Sistem Pencernaan

Kandungan serat pada melon dapat membantu menyehatkan sistem pencernaan tubuh. Selain itu, kandungan serat pada melon juga dapat membantu Anda yang sedang menjalankan progam diet, karena jika Anda mengonsumsinya merasa kenyang lebih lama.

2. Mengurangi Membantu Tekanan Darah

Melon adalah buah yang rendah sodium dan kaya potasium, melon dapat membantu untuk menjaga tingkat tekanan darah yang sehat. Biasanya, menjalankan progam diet sering dikaitkan dengan penurunan risiko tekanan darah tinggi dan penyakit jantung. Diet rendah sodium dan asupan kalium yang cukup dapat secara positif mempengaruhi regulasi tekanan darah seseorang.

3. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Penelitian membuktikan kalau nutrisi yang terkandung dalam melon ampuh dalam mengurangi kolestrol jahat dalam tubuh. Nutrisi tersebut juga efektif menurunkan risiko penyakit jantung dan hipertensi.

4. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Melon madu mengandung beberapa nutrisi yang penting untuk memperbaiki dan memelihara tulang yang kuat, termasuk folat, vitamin K, dan magnesium. Buah melon juga merupakan sumber folat yang baik, dengan satu cangkir (177 gram) menyediakan 8 % dari RDI.

5. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Buah melon memiliki kandungan vitamin C yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Penelitian menunjukkan bahwa asupan vitamin C yang cukup dapat mencegah dan mengobati berbagai infeksi pernafasan dan sistemik, seperti pneumonia dan flu biasa.

6. Membantu Perkembangan Janin

Manfaat melon salah satunya dapat membantu perkembangan janin pada ibu hamil. Buah melon memiliki kandungan folat yang diperlukan oleh ibu hamil, terutama di trisemester awal kehamilan. Nutrisi ini penting untuk pertumbuhan sistem saraf janin, Pembentukan sel darah merah pada ibu hamil, mencegah kondisi cacat lahir, seperti spina bifida dan anensifali.

BACA JUGA  7 Manfaat tanaman Basil Bagi Kesehatan, No 3 Ternyata bisa ini mengurangi stress

7. Mencegah Dehidrasi

Buah melon dapat membantu mencegah dehidrasi atau kekurangan cairan dalam tubuh. Karena melon memiliki kandungan air yang cukup tinggi hampir 90% dari daging buah melon adalah air. Sehingga sangat efektif untuk Anda yang mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan dalam tubuh.

8. Mencegah Penuaan Dini Dan Mencerahkan Kulit

Buah melon memiliki kandungan kolagen yang baik untuk mempertahankan kekencangan kulit. Protein ini dapat membantu menghaluskan dan menghidrasi kulit. Disamping itu, mengonsumsi buah melon bisa membantu mencerahkan kulit dan memperlambat proses penuaan dini.

9. Mencegah Rambut Rontok

Manfaat buah melon untuk kecantikan lainnya diantaranya yaittu mampu memelihara kondisi kulit kepala dan rambut. Hal tersebut di karenakan buah melon kaya akan vitamin A dan vitamin C. Kandungan vitamin C dapat memproduksi kolagen yang dapat memperbaiki struktur kulit dan rambut serta mencegah kerontokan.

Demikian informasi mengenai manfaat buah melon untuk kesehatan dan kecantikan, semoga bermanfaat untuk Anda. Terimakasih 🙂

Previous articleCara Membuat Larutan Abmix Hidroponik Untuk Tanaman Agar Tumbuh Dan Subur
Next articleKalian Wajib Tahu, Apa Manfaat Tomat Untuk Kesehatan Dan Kecantikan Tubuh
Penulis di golden farm 99 - Menyukai dunia blogging, menyukai berkebun dan ingin menuliskan apa yang kami tahu lewat blog ini . Mudah-mudahan menjadi ilmu yang bermanfaat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here