Home Kategori Hidroponik Cara Membuat Larutan Abmix Hidroponik Untuk Tanaman Agar Tumbuh Dan Subur

Cara Membuat Larutan Abmix Hidroponik Untuk Tanaman Agar Tumbuh Dan Subur

13
0
larutan abmix

GOLDEN FARM 99 – Hal pertanama yang perlu diperhatikan dalam hidroponik adalah cara membuat larutan abmix . karna menanam hidroponik tidak akan jauh dengan air dan nutrisi. Hidroponik merupakan salah satu teknik menanam mengunakan air dan menekankan nutrisi pada tanaman agar tanaman bisa tumbuh dan berkembang dengan cepat. Hasil sayurannya pun tidak kalah enaknya dengan sayuran yang ditanam ditanah, tanaman hidroponik memiliki rasa yang renyah, gurih dan sedikit manis.

Akan tetapi, untuk mendapatkan hasil panen yang sesuai, perawatan hidroponik tak bisa disamakan dengan budidaya konvensional biasa. Pada budidaya hidroponik, kebutuhan nutrisi mesti tersedia dalam jumlah yang tepat dan mudah diserap tanaman karena tak menggunakan tanah sebagai media tanamnya. Nah, memilih nutrisinya pun nggak boleh asal. Terutama jika kamu menginginkan nutrisi  organik yang alami.

Nutrisi hidroponik yang sudah banyak digunakan salah satunya yaituGoodplant. Sebenarnya, nutrisi ini merupakan campuran antara pupuk A dan pupuk B, dimana pupuk A mengandung nsur kalium dan pupuk B mengandung sulfat dan fosfat. Untuk mendapatkan hasil panen yang maksimal, takaran nutrisi ini harus sesuai standar.

Tahukah kamu kenapa Larutan abmix hidroponik penting untuk budidaya tanaman hidroponik?

Pada dasarnya, sejatinya tanaman memerlukan unsur hara agar dapat tumbuh subur dan berproduksi maksimal. Unsur hara ini bisa didapat dari nutrisi hidroponik, seperti unsur hara makro dengan kandungan nitrogen, fosfor, kalium, kalsium, sulfur, dan magnesium serta unsur hara mikro yang terdiri dari seng, boron, aluminium, mangan, tembaga, dan besi.

BACA JUGA  Cara Membuat Larutan Abmix Hidroponik Untuk Tanaman Agar Tumbuh Dan Subur

Nah, karena budidaya menggunakan sistem hidroponik tidak mengggunakan tanah, maka budidaya tanaman hidroponik mesti memanfaatkan nutrisi khusus yang dapat dilarutkan secara sempurna agar bisa bercampur dengan air dan mudah diserap oleh akar. Anggaplah unsur hara ini adalah makanan dari tanaman hidroponik, nah nutrisi ini adalah sumber utama makanannya. Umumnya, nutrisi hidroponik terdiri dari dua bagian, yaitu nutrisi A dan nutrisi B, makanya tak heran jika sering disebut sebagai nutrisi AB mix.

Nutrisi hidroponik ABMix memiliki campuran A untuk mikro dan campuran B untuk makro. Bentuk garang yang dimiliki unsur mikro dan makro sebenarnya sama. Tetapi, masing-masing unsur garamnya berbeda. Berikut garam mineral dalam unsur makro:

Kalsium amonium sulfat.Kalium NitratKalium dihidro FosfatAmonium sulfatKalium SulfatMagnesium sulfatAsam borik

Dan berikut mineral dalam unsur mikro:

BesiManganTembagaSengBoronMolibdenum

Cara Mencapurkan Nutrisi ABMix Sesuai Takaran Yang Dianjurkan

Larutan Abmix terdiri dari dua jenis pupuk, yakni cair dan butiran. Jika tidak ingin repot Anda bisa membeli nutrisi dalam bentuk cair. Kalau membeli dalam bentuk butiran Anda perlu meraciknya terlebih dahulu sebelum diaplikasikan ke tanaman. Berikut cara meracik nutrisi AB Mix, yaitu:

Siapkan 2 buah botol bekas air mineral 500 ml.Isi masing-masing botol dengan air sebanyak 500 ml.Beri tanda batas air masing-masing botol.Sisihkan 1/3 bagian airnya dari masing-masing botol.Masukkan serbuk nutrisi ke dalam botol kocok sampai larut.Masukkan kembali air yang disisihkan tadi sampai batas tanda, sisanya buang.

Setelah larutan abmix tercampur, Anda bisa mengaplikasikan ke tanaman. Nah, untuk pemakaiannya bisa dibedakan sesuai kebutuhan.

Untuk tanaman dalam pot, bisa dengan menyiramkan 250 ml nutrisi ke tanaman selama dua kali seminggu.larutan abmix boleh disiramkan setiap minggu pada proses pembibitan.Pada tanaman hidroponik, bisa langsung disiramkan setelah media tanamnya dipindah ke media tanam hidroponik.

BACA JUGA  Pakcoy Hidroponik Sistem Wick

Berikut panduan memberikan nutrisi hidroponik kangkung dan cabe

Pemberian larutan abmix pada kangkung dan cabe sangatlah penting, karena agar tanaman bisa tumbuh dan berkembang dengan baik. Berikut panduan memberikan nutrisi hidroponik kangkung dan cabai, yaitu:

1. Kangkung

Siapkan air dan laurtan ABmix sesuai takaran pemakaian. Biasanya menggunakan perbandingan 1:5:5 dan berlaku kelipatan.Tambahkan campuran A dan B, kemudian aduk sampai tercampur.Campur nutrisi hidroponik ini ke media tanam sampai penuh.

2. Cabai

Di awal pemindahan ke media tanam hidroponik, nilai nutrisi adalah 600 ppm — diukur menggunakan TDS meter, jika tanaman cabai sudah mulai berdaun, naikkan ppm menjadi 1000 ppm.Pemberian nutrisi mesti dilakukan dalam dua tahap. Saat masih dalam tahap daun atau cabai belum berbuah, maka gunakan nutrisi sayuran daun. Sementara jika sudah berbuah, gunakan AB mix buah.Saat berbunga, pemberian nutrisi hidroponik pun mesti ditingkatkan, yakni sebanyak 3000 ppm.Gunakan pengganti nutrisi dengan pupuk majemuk seperti NPK, KCL, Urea, dan Gandasil-D.

Demikian informasi mengenai cara membuat larutan ABMix hidroponik untuk tanaman agar tumbuh dan berkembang. Semoga bermanfaat untuk Anda yang ingi mencobanya. Semoga berhasil dan terimakasih.

Previous articleInilah Manfaat Buah Melon Untuk Kesehatan Dan Kecantikan
Next articleTips Membuat Nutrisi Hidroponik Alami dengan mudah dan murah
Ahmad Sugiarto - Menyukai tentang dunia hidroponik, menyukai dunia digital marketing dan saat ini mengelola website " golden farm 99 " . https://goldenfarm99.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here