Home Kategori Tips dan Trik Berikut Cara Menanam Bumbu Dapur Dengan Mudah Di Dalam Pot

Berikut Cara Menanam Bumbu Dapur Dengan Mudah Di Dalam Pot

452
0
Cara menanam

Tidak harus menggunakan lahan yang luas, anda juga bisa kok memproduksi bumbu dapur hanya dengan menggunakan media pot, salah satunya adalah dengan menanam tomat. Tentunya cara menanam tomat di pot cukup mudah dilakukan ketika anda sudah mengetahui caranya. Untuk itu langsung saja di bawah ini cara menanam bumbu dapur menggunakan media pot.

Cara menanam

Cara menanam bumbu dapur dipot

Sama halnya dengan sayuran dan buah . Tanaman bumbu ( seperti serai, basil, origano, thyme, perilla ) juga bisa ditanam di pot lho , pot besar , sedang atau kecil tergantung jumlah yang kita tanam. Media tanam yang dipakai pun mudah didapatkan disekitar kita. Yuk kita lihat ulasannya

Cara Menanam cabe

Tentu saja cabe merupakan salah satu bumbu yang sangat digemari oleh setiap masyarakat Indonesia. Pastinya makanan tanpa menggunakan cabe rasanya seperti makanan tanpa garam atau gula. Agar anda dapat meminimalkan uang belanja untuk membeli bumbu yang satu ini, yuk simak cara menanam cabe rawit berikut ini.

  • Seperti halnya cara menanam bunga matahari dari kuaci yang harus menggunakan kuaci terbaik, bibit cabe yang dipilih juga harus dengan kualitas unggul dan terbaik, yaitu bibit cabe yang tidak busuk, namun masih segar. Kemudian kupas cabe dan ambil bijinya, lau keringkan di bawah sinar matahari sampai mengering.
  • Jika sudah, siapkan pot kecil atau polybag. Sebelumnya, anda harus memasukkan tanah humus hingga pupuk kandang terlebih dahulu (perbandingan 3:1). Kemudian masukkan bibit cabe dengan kedalaman 1 cm yang terlebih dahulu sudah direndam menggunakan air hangat sampai 3 jam. Nah, tunggu benih sampai berkecambah lebih kurang selama 4 minggu.
  • Jika kecambah sudah terlihat, maka pindahkan ke dalam pot yang berukuran lebih besar, yaitu minimal 30 cm. Nah, untuk tempat menanam, maka anda bisa menggunakan tanah humus, lalu pupuk hingga sekam mentah dengan perbandingan 3:2:1.
  • Jangan lupa untuk selalu rajin memberi pupuk, dan siram tanaman cabe yang ditanam di dalam pot setiap hari, baik pagi maupun di sore hari supaya kelembapannya terjaga.

BACA JUGA : Cabe bara harga hemat dan cepat tumbuh

Cara Menanam bawang putih

Nah sama seperti cabe, pastinya makanan juga akan terasa kurang ketika tidak dilengkapi bawang putih. Selain nikmat, tentunya bawang putih juga mempunyai banyak manfaat bagi tubuh, seperti bermanfaat untuk perawatan kulit hingga dapat menjaga sistem kekebalan tubuh. Berikut cara menanam bawang putih di pot yang perlu anda ketahui.

  • Sangat disarankan menanam bawang putih ketika cuaca sedang terik. Jangan lakukan ketika musim hujan yang tentunya akan membuat kondisi tanah lembap.
  • Nah sama halnya dengan cara menanam lidah buaya agar cepat besar yaitu dengan menggunakan lidah buaya yang unggul. Anda pun perlu menyiapkan bawang putih yang masih segar yang sebelumnya telah dikupas dan dijadikan sebagai bibit. Namun jika anda mempunyai bawang putih yang sebelumnya sudah bertunas, maka bawang putih tersebut tidak perlu dikupas lagi.
  • Lalu siapkan tanah yang telah bercampur pasir, sekam padi atau pupuk kompos. Usahakan agar tanah yang digunakan tidak dalam keadaan lunak atau lembap supaya bibit bawang putih tersebut tidak membusuk.
  • Kemudian tanam bawang putih ke dalam pot atau polybag yang berukuran sedang dengan kedalamannya adalah 2-3 cm.
  • Jangan lupa siram secara rutin yang memang sesuai dengan kondisi panasnya sinar matahari. Berbeda dengan cara menanam kangkung hidroponik, tentunya tanah yang akan ditanam bawang putih jangan dalam keadaan yang terlalu basah atau kering.

Cara Menanam bawang merah

Tanpa bawang merah, maka makanan tumisan akan menjadi kurang nikmat. Nah, dikarenakan harga jual bawang merah yang cukup tinggi saat ini, maka sudah saatnya anda mencoba untuk memulai menanam bumbu dapur ini di rumah. Hanya perlu menggunakan pot yang berukuran besar, maka berikut ini cara menanam bawang merah.

  • Cara menanam bawang merah di pot yang pertama adalah dengan terlebih dahulu menyiapkan pot yang berukuran sedang atau besar, dan jangan lupa juga untuk menggunakan tanah humus yang akan dijadikan sebagai media tanam.
  • Lalu pilih bawang yang sudah tua atau matang sebagai bibit (tidak memiliki bercak). Perlu diketahui bahwa ciri bawang merah yang sudah tua adalah sudah mulai terlihat daun di bagian ujung.
  • Kemudian masukkan bibit bawang ini ke dalam tanah yang memiliki kedalaman 5 hingga 7 cm.
  • Lalu siram tanaman setiap hari, baik pagi dan sore hari secara rutin. Selalu perhatikan tanahnya, jangan sampai kondisi tanah terlalu kering atau terlalu basah.

Cara Menanam jahe

Tidak hanya digunakan sebagai bumbu dapur, namun jahe juga mempunyai banyak manfaat bagi tubuh manusia. Beberapa manfaat yang dimiliki oleh jahe seperti membantu proses detoksifikasi, dapat menghangatkan badan, mengatasi masalah pencernaan, mengurangi radang tenggorokan, hingga mencegah kanker. Untuk lebih jelasnya, berikut cara menanam jahe merah yang perlu anda ketahui.

  • Cara pertama yang harus dilakukan adalah dengan menyiapkan bibit jahe terlebih dahulu dengan kualitas terbaik dan masih segar, lalu rendam jahe semalaman penuh ke dalam air hangat.
  • Lalu siapkan pot yang berukuran sedang maupun yang berukuran besar yang sebelumnya telah diisi tanah gembur hingga pupuk kompos.
  • Kemudian masukkan 3 buah jahe (kedalaman 3 cm).
  • Jika sudah, siram tanaman dengan sedikit air. Supaya kondisi tanah tidak menggenang, maka sebaiknya anda tidak perlu menggunakan selang air.
  • Jangan lupa untuk menghindari tanaman jahe dari paparan terik matahari secara langsung, ya!

Cara Menanam serai

Tentu saja, hampir setiap bagian dari tanaman ini dapat dimanfaatkan, dari mulai umbi serai, daun, hingga batang. Selain itu, serai juga sangat bermanfaat dalam menurunkan berat badan, tingkatan kolesterol, hingga tekanan darah di dalam tubuh. Namun yang menjadi pertanyaan kini adalah apakah cara menanam serai ini sama seperti cara menanam bunga mawar dari batang? Daripada penasaran, yuk simak ulasannya berikut ini.

  • Langkah pertama, pastikan anda memilih serai yang masih segar yang memiliki bongkol keras serta berakar sebagai bibit.
  • Kemudian campurkan tanah, pupuk kandang dan sekam padi (perbandingan 2:1:1).
  • Lalu masukkan bibit serai ini ke dalam campuran tanah yang memiliki kedalaman 10 hingga 15 cm.
  • Jika sudah, tanam serai dengan posisi yang tegak lurus.
  • Kemudian siram tanaman serai menggunakan air secukupnya saja, yaitu 2 kali sehari yang dilakukan secara rutin.

Cara Menanam ketumbar

Tentu saja, tanaman ketumbar dari mulai daun sampai buahnya dapat digunakan sebagai penyedap maupun bumbu dapur. Sehingga anda harus mengetahui seperti apa cara menanam tanaman ini seperti halnya anda perlu mengetahui cara menanam kunyit di pot. Untuk lebih jelasnya, berikut cara menanam ketumbar yang bisa dilakukan di rumah dengan mudah.

  • Siapkan pot yang berukuran medium.
  • Masukkan biji ketumbar yang memiliki kedalaman tanah yaitu ¼ inchi.
  • Lalu siram tanaman ini secara rutin.
  • Kemudian letakkan pot di tempat yang memperoleh banyak paparan sinar matahari.

Demikianlah berbagai pembahasan yang perlu anda ketahui mengenai cara menanam bumbu dapur di dalam media pot.

Dapatkan informasi update artikel setiap minggunya. Join bersama 1000 ++ Subcriber

Previous article6 Ide ban bekas yang dijadikan pot tanaman. No 5 Paling unik
Next articleMenanam Bunga di Rumah Banyak Manfaatnya
Seorang digital marketing yang punya hobi bertanam sayuran dan buah secara hidroponik dan organik

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here