Home Tips dan Trik Menanam Bunga di Rumah Banyak Manfaatnya

Menanam Bunga di Rumah Banyak Manfaatnya

283
0
menanam bunga

GOLDEN FARM 99 – Menanam bunga menjadi pekerjaan yang menyenangkan .Saat ini berkebun bukanlah hal yang sulit apalagi merepotkan. Sudah banyak orang yang membuat kebun sendiri di depan halaman rumah ataupun di rooftop. Menanam tanaman di rumah tentu banyak manfaatnya. Selain menyenangkan, menanam dan merawat tanaman juga dapat membunuh kebosanan.

menanam bunga
sumber : wikipedia

Ada banyak jenis tanaman yang bisa ditanam sendiri di rumah, namun yang cukup banyak dilakukan oleh orang-orang tentu menanam bunga. Anda bisa menanam bunga hidroponik dalam ruangan. Dengan begitu, Anda bisa membuat desain interior rumah menjadi lebih indah.

Berkebun atau menanam bunga tanaman di rumah bisa dilakukan oleh siapa saja. Namun, bagi Anda yang masih pemula dan bingung mengenai cara yang benar menanam tanaman di rumah. Berikut akan dibahas mengenai hal tersebut. Berikut pembahasannya.

Cara Menanam Bunga untuk Pemula

  1. Pilih Jenis Tanaman

Memilih jenis tanaman yang tepat bukanlah hal yang mudah. Hal itu karena setiap tanaman mempunyai karakteristik berbeda. Misalnya saja ada tanaman yang membutuhkan jumlah air lebih banyak dibandingkan dengan tanaman yang lain. Maka dari itu, Anda harus meneliti karakteristik tanaman yang akan ditanam sebelum menanamnya. Misalnya jika Anda ingin menanam bunga mawar hitam, maka Anda harus tahu karakteristiknya agar bisa merawatnya dengan tepat. Apakah tanaman tersebut memerlukan air yang banyak atau tidak. Begitu pula jika Anda ingin menaman bunga matahari putih dan yang lainnya, apakah tanaman tersebut bisa hidup di iklim cuaca dingin atau panas.

  1. Siapkan Media untuk Menanam

Anda harus menyiapkan media tanam lebih dahulu sebelum memulai menanam. Media tanam itu berupa sekam, pupuk kandang organik, batu kerikil, pasir, serta tanah gembur.

  1. Pilih Pot yang Tepat

Memilih pot yang tepat juga diperlukan untuk menanam tanaman hias di rumah. Pot yang tepat untuk tanaman hias di rumah adalah pot yang terbuat dari tembikar ataupun tanah liat. Hal itu karena material tersebut mempunyai pori-pori yang lumayan besar sehingga tanaman mudah mendapatkan oksigen. Selain itu, pemilihan pot yang tepat dapat membuat tampilan tanaman semakin cantik. Misalnya Anda menanam bunga anggrek ungu di rumah, tentu Anda harus menempatkan di pot yang cantik agar lebih menambah keindahannya.

  1. Metode Menanam

Jika Anda menaman tanaman dari bibit, Anda bisa mengikuti cara menanam yang ada di kemasan. Anda harus cermat melihat berapa dalamnya Anda harus menanam bibit tersebut dan bagaimana kepadatan dari tanah untuk menanam. Hal itu karena setiap bibit tentu mempunyai cara penanaman yang berbeda.

  1. Penyiraman

Tanaman memang harus disiram air agar dapat tumbuh dengan baik. Anda harus menyiram tanaman hingga air meresap ke tanah serta keluar dari pot. Namun, seperti yang dikatakan di atas, Anda harus mengetahui karakteristik tanaman yang ditanam seperti jumlah air untuk menyiram ini. Misalnya saja Anda menanam bunga tulip putih di rumah, Anda harus benar-benar tahu jika tanaman tersebut memerlukan air yang banyak atau sedikit. Jangan sampai karena Anda tidak tepat dalam memberikan air, malah membuat tanaman tersebut tidak dapat bertumbuh dengan baik.

Nah, itulah cara menanam bunga yang bisa dicoba oleh para pemula. Menanam tanaman di sekitar rumah tentu mempunyai banyak manfaat. Selain mempercantik rumah, berikut ini adalah beberapa manfaat lainnya.

Manfaat Menanam Bunga dan Tanaman Hias Lainnya di Rumah

  1. Mencegah adanya genangan air
  2. Bisa menjadi media belajar untuk Anak mengenai tanaman hias seperti macam-macam melati seperti bunga melati putih.
  3. Dapat membuat suasana d rumah lebih asri dan rindang
  4. Dapat mengurangi suara yang bising dari luar rumah
  5. Dapat menjadi pendingin alami rumah
  6. Dapat membantu meningkatkan kesehatan Anda dan keluarga

Tidak hanya manfaat di atas saja dari menanam tanaman di rumah, untuk beberapa jenis tanaman bahkan mempunyai manfaat yang lain. Apa saja? Inilah pembahasannya.

Manfaat Teratai Putih Bagi Kesehatan Tubuh

Tidak hanya menjadi tanaman hias, bunga teratai putih juga sangat bagus untuk kesehatan. Inilah manfaat-manfaat tersebut.

  1. Melancarkan haid serta menghentikan darah haid yang terlalu banyak sehingga Anda tidak akan terserang anemia sehabis datang bulan.
  2. Mencegah terjadinya infeksi gusi karena daun dari tanaman ini memiliki kandungan kuarsetin yang bisa untuk menghambat bakteri.
  3. Membantu mengobati diare dan mengatasi diabetes.

Manfaat Aglaonema Merah

Bunga aglaonema merah juga mempunyai manfaat yang banyak, yaitu:

  1. Bisa menjadi potensi bisnis karena saat ini banyak masyarakat yang menyukai untuk mengoleksi tanaman sri rejeki. Jadi, jika Anda membudidayakannya bisa menjadi peluang bisnis yang bagus.
  2. Membantu menyerap polutan sehingga udara di sekitar rumah menjadi lebih bersih dan sehat. Lalu bila dikombinasikan dengan lidah mertua bisa menjadi pendingin ruangan yang alami.

Manfaat Edelweis Kering untuk Kecantikan

Tidak hanya tanaman-tanaman di atas yang memiliki segudang manfaat, namun bunga edelweis kering pun memiliki banyak kebaikan terutama untuk kecantikan. Berikut adalah beberapa di antaranya:

  1. Mencegah penuaan karena kaya akan antioksidan yang mampu melawan dan menangkal radikal bebas. Selain itu, tanaman ini juga mengandung vitamin C yang banyak sehingga bisa menjadi bahan alami anti-aging.
  2. Membantu memberikan perlindungan terhadap paparan sinar matahari. Hal itu karena tanaman ini mempunyai konsentrasi tinggi flavonoid serta asam fenolat yang bisa membantu dalam memerangi kerusakan kulit yang terjadi karena paparan sinar UV.
  3. Bisa menjadi anti inflamasi untuk kulit. Tanaman ini melindungi kulit dari bakteri-bakteri berbahaya yang dapat menyebabkan kerusakan kulit yang serius maupun infeksi.

Manfaat Telang Ungu Bagi Kesehatan Tubuh

Tidak hanya teratai putih yang sangat bagus untuk kesehatan, namun bunga telang ungu juga sangat bermanfaat yang menyehatkan. Nah, berikut adalah manfaat-manfaat tersebut.

  1. Membantu mengatasi gangguan pencernaan. Bila Anda mempunyai anxiety disorder atau gangguan kecemasan, Anda bisa mengatasinya dengan mengonsumsi bunga telang yang dibarengi dengan yoga.
  2. Membantu meningkatkan daya ingat karena ekstrak bunga telang bisa meningkatkan kadar dari asetilkolin yang merupakan zat kimia penghantar. Zat ini mempunyai peranan penting dalm mempelajari ataupun mengingat sesuatu.
  3. Dapat membantu meringankan depresi. Hal itu karena di dalam tanaman ini terdapat senyawa-senyawa yang dipercaya mampu untuk mengatasi gangguan mental seperti depresi. Beberapa senyawa tersebut seperti asam palmitate dan asam linolenat.
  4. Membantu untuk menyembuhkan luka karena mengandung flavonol glikosida dan senyawa fenolik. Anda bisa mengoleskan ekstrak biji dan tumbuhan dari tanaman ini ke luka di tubuh untuk menjadi penyembuh yang efektif.
  5. Membantu menyehatkan jantung karena dapat mengatasi hyperlipidemia atau kolesterol tinggi.

Nah, demikian pembahasan di artikel ini mengenai cara menanam bunga di rumah serta beberapa manfaat menanam dan membudidayakan tanaman-tanaman hias di sekitar rumah. Bagaimana? Cukup banyak manfaatnya bukan? Jadi, tunggu apalagi? Segera tanam tanaman-tanaman di atas di rumah dan rasakan manfaatnya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here