Home Tips dan Trik Cara Memotong Rockwool Hidroponik Sesuai Dengan Karakteristiknya

Cara Memotong Rockwool Hidroponik Sesuai Dengan Karakteristiknya

141
2
cara memotong rockwool

Cara memotong rockwool hidroponik – Rockwool merupakan media tanam dari mineral batuan yang memiliki manfaat untuk berbagai keperluan, terutama untuk keperluan tanaman hidroponik. Salah satu alasan penggunaan rockwol sebagai media tanam adalah karena pas dan cocok untuk segala jenis sayuran.

Karakteristik Rockwool

Karakteristik rockwool ini adalah netral serta tidak mengandung bahan kimia atau penyakit. Akan tetapi Anda harus mengetahui cara tepat dalam memotong rockwool hidroponik yang tepat sebelum memulai budidaya tanaman dengan metode hidroponik.

Cara memotong rockwool

Jika dilihat sekilas rockwool ini mirip dengan serabut kapas yang pada dan sedikit berbulu karena ia memang terbentuk dari materi mineral batuan. Saat akan memotong material ini Anda perlu melakukannya dengan penuh kehati-hatian.

Jika tidak berhati-hati tidak jarang Anda akan menemukan serpihan rockwool beterbangan, hal ini yang cukup berbahaya jika Anda sampai menghirupnya. Sebelum membahas lebih lanjut tentang teknik memotong rockwool hidroponik, berikut beberapa hal yang perlu Anda lakukan.

Rockwool juga memiliki sifat yang ringan dan mudah menyerap air. Meskipun mudah menyerap air dan cepat basah, rockwool juga cepat kering. Sehingga jangan sampai terlambat dalam melakukan penyiraman. Untuk mengakali hal ini, Anda dapat melapisi tray semai menggunakan lembaran plastik yang diletakkan dengan sisi plastik sedikit naik, agar air bisa tergenang.

Persiapan Alat

Peralatan yang perlu Anda siapkan sebelum memotong rockwool adalah penggaris besi serta gergaji besi kecil. Sebaiknya hindari menggunakan pisau atau benda tajam lain, karena akan kesulitan dalam proses pemotongan serta dapat membuat rockwool hancur. Alat yang cocok digunakan adalah gergaji kecil bergerigi atau pisau bergerigi.

Cara Memotong Rockwool Hidroponik

  1. Permukaan rockwool ini terdiri dari dua sisi. Satu sisi memiliki pola dan alur dan sisi lainnya tidak berpola. Pada bagian pola ini Anda dapat membuat garis-garis sebagai batas untuk setiap benih yang akan ditanam.
  2. Selanjutnya Anda dapat menarik garis lurus pada keempat sisi rockwool. Hal tersebut bertujuan untuk membentuk panduan dari lebar rockwool yang akan Anda potong agar memiliki lebar sisi yang sama. Ketebalan 1,5 cm serta usahan pada saat pemotongan tidak ada bagian yang tersisa.
  3. Potong dengan cara perlahan sehingga mengurangi debu bertebaran dan rockwool juga tidak akan mudah hancur. Pastikan pemotongan dilakukan sesuai dengan garis lurus serta posisi rata.
  4. Iris rockwool dengan bentuk lembaran dengan ukuran memanjang 2,5 cm serta lebar 2,5 cm. Beberapa petani dalam metode hidroponik ada yang memotong hingga terpisah, akan tetapi ada juga yang mengiris dengan ketebalan tertentu.
  5. Setelah rockwool berhasil diiris, saatnya untuk membasahi rockwool dengan menggunakan air pH 0, kemudian rockwool tersebut siap untuk diisi dengan benih tanaman yang sudah Anda siapkan.

Demikianlah beberapa cara memotong rockwool hidroponik yang dapat kami sampaikan. Semoga artikel kali ini bermanfaat untuk Anda.

cara memotong rockwool
sumber : kaskus
Previous articleTips dan trick supaya TDS Meter awet dan tahan lama
Next articleMengenal Apa Itu Hidroponik ?
Seorang praktisi hidroponik yang senang dengan berkebun sekaligus admin goldenfarm99 yang ingin mencoba menyajikan content yang bermanfaat mengenai hidroponik dan bisnisnya Selamat membaca

2 COMMENTS

  1. Trimakasih atas penjelasannya.
    Saya mau tanya nih kak. Apakah ukuran rockwool jg berpengaruh terhadap kesuburan tanaman?
    Trimakasih.

    • jawabannya adalah salah satu yang menentukan kesuburan tanaman. tapi bukan faktor satu-satunya ya.
      krn perlakuan kita terhadap tanaman, nutrisi yang kita pakai, intensitas matahari . semua itu sangat berpengaruh pada tingkat kesuburan tanaman.
      Mudah2an next nanti kami bisa menuliskan pengaruh media tanam terhadap tingkat perkembangan tanaman.
      Semoga membantu

      Terima kasih

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here