Home Kategori Tips dan Trik Tips dan trick supaya TDS Meter awet dan tahan lama

Tips dan trick supaya TDS Meter awet dan tahan lama

398
0
TDS Meter

GOLDEN FARM 99TDS meter dalam budidaya tanaman secara hidroponik sangat penting  untuk di gunakan . Alat tersebut merupakan alat yang dipakai untuk mengetahui nilai ppm nutrisi hidroponik. Dengan cara dicelupkan saja alat tersebut bisa menampilkan nilai ppm nutrisi. Hanya saja banyak diantara kita ini yang sering kali lali dalam merawat TDS METER tersebut tidak serius dan cenderung kurang pedulu. Padahal alat tersebut dipakai hampir setiap hari.

Sebelum membahas tips dan trick supaya tds meter awet kita kembali mengingat apa itu nilai ppm tanaman .  PPM singkatan dari ” part per million ” atau seperjuta bagian yang merupakan satuan untuk mengukur tingkat kepekatan suatu larutan cair. Nah apa pentingnya kita mengetahui ppm setiap jenis tanaman ? Perlu diingat tanaman mempunyai nilai ppm yang berbeda beda antara tanaman sawi dan kangkung mempunyai nilai yang berbeda beda begitu juga tanaman lainnya . Dengan kita tahu nilai ppm tanaman tersebut kita memberikan dosis yang pas dan sesuai yang dibutuhkan tanaman.

Misalkan nilai ppm tanaman selada 900 ppm , maka nilai ppm nutrisi hidroponik kita juga harus kurang lbh 900 ppm. Dengan nilai tersebut maka selada akan tumbuh dengan baik dan mencegah tanaman menjadi bantet ( tidak normal perkembangannya ). Dan Perlu dingat juga masih ada faktor – faktor lain yang mempengaruhi perkembangan tanaman tersebut misalkan nilai ph air, tingkat intensitas matahari dll. Untuk itu selain menjaga nilai ppm kita harus menjaga faktor lainnya tersebut supaya tanaman tumbuh dengan sehat dan segar.

Tips dan Trick supaya TDS Meter awet dan tahan lama

TDS Meter
TDS Meter dan EC

Untuk menggunakan tds meter bisa dilakukan dengan cara dibawah ini :

  1. Tekan tombol ON pada tds meter tersebut
  2. Pastikan layar monitor menampilkan 0000 pada saat dinyalakan
  3. Kemudian celupkan pada larutan nutrisi yang ingin diketahui nilai ppm nya ( jangan terlalu dalam mencelupkan alat tersebut ( +/- 1 cm )
  4. lihat hasilnya pada monitor pastikan angka ppm berhenti dan sdh tidak berubah-ubah
  5. tekan hold , kemudian angkat tds tersebut dan lihat hasilnya. Catat / tulis kalo perlu untuk data nilai ppm.
  6. Nilai ppm sdh didapatkan

Bilas dengan air bersih setelah digunakan

Nah ini setelah menggunakan alat tersebut lakukan hal dibawah ini supaya awet dan tahan lama : ppm sdh didapatkan / diketahui kemudian jangan langsung memasukkan tutup tds tersebut. Tapi bilaslah dengan air bersih yang nilai ppm nya rendah bisa air mineral , bisa air RO pokoknya yang nilai ppm nya rendah dengan cara dicelupkan pastikan nutrisi yang masih menempel di elektroda ( sensor ) larut dalam air bersih tadi Kemudian ditutup kembali

Penyimpanan yang aman dan terhindar matahari langsung

Selain itu adalah pastikan penyimpanan tds tersebut ditempat yang TIDAK terkena matahari langsung ataupun ditempat yang bisa terkena air hujan . Hal ini akan memperpanjang usia TDS Meter

Lepas batre jika tidak digunakan dalam waktu yang lama

Selain itu adalagi jika tds ec tidak digunakan dalam waktu yang lama pastikan anda mencopot batrenya .

Itulah tips dan trick yang bisa di coba agar TDS meter kita lebih awet dan tentunya bisa dipakai dalam jangka waktu yang lama.

Selamat mencoba,

Previous articleBunga Matahari Putih yang Cocok Ditanam Dengan Metode Hidroponik
Next articleCara Memotong Rockwool Hidroponik Sesuai Dengan Karakteristiknya
Seorang digital marketing yang punya hobi bertanam sayuran dan buah secara hidroponik dan organik

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here