Home Kategori Hama & Penyakit Petani Sayuran Selada Merapat. Jenis Selada dan Penyakitnya Yang Jarang Diketahui

Petani Sayuran Selada Merapat. Jenis Selada dan Penyakitnya Yang Jarang Diketahui

15
0
jenis selada dan penyakitnya

Golden Farm 99 – Kalian pasti tidak asing dengan sayuran ini! Sayuran selada merupakan salah satu jenis sayuran yang ada pada hidangan salad atau biasanya selada juga dijadikan lalapan. Pada artikel ini akan dibahas jenis selada dan penyakitnya. Selada adalah salah satu sayuan yang sangat populer dikalangan masyarakat terutama pada hidangan salad. Selain itu, selada memiliki kandungan nutrisinya lho, yaitu rendah kalori, tinggi serat dan tinggi protein.

Jenis selada dan penyakitnya

Jenis selada yang perlu diketahui

Namun, ada macam – macam jenis sayuran selada berikut ini:

  • Selada Romaine, bentuknya memanjang seperti sawi putih.
  • Selada Iceberg, Berbentuk bulat dengan dominan warna putih dan hijau.
  • Selada Butterhead, memiliki tekstur yang lembut dibandingkan jenis selada yang lain.
  • Selada Lollo verde, selada hijau dengan ujung daun yang keriting.
  • Selada Sumercrisp, Selada yang tahan terhadap panas dan tidak mengubah rasa pada daun selada ini.
  • Selada Celtuce, bentuk memanjang dengan batang yang terasa segar seperti mentimun tetapi memiliki daun yang terasa agak pahit.
  • Selada Lollo Rosso, selada merah memiliki bentuk seperti lollo verde atau selada hijau yang membedakan warna daunnya saja.
  • Selada Radicchio, dengan bentuk menyerupai kubis tetapi berwarna merah dan memiliki rasa agak pahit.
  • Selada Escarole, memiliki bentuk mirip seperti butterhead dengan ukuran yang lebih besar. Memiliki rasa yang pahit jika dimakan mentah, sebaiknya selada ini dimasak dahulu.
  • Selada Frisee, memiliki bentuk keriting dan kecil-kecil berwarna hijau. memiliki rasa luar yang agak pahit dibandingkan bagian dalamnya.

Dalam melakukan budidaya selada tentu akan ada kendala yang dihadapi, terutama penyakit pada tanaman. Anda harus segera mengatasi penyakit pada tanaman selada. Jika tidak tanaman selada akan mati dan Anda mengalami kerugian yang banyak. Berikut hama dan penyakit pada tanaman selada ( jenis selada dan penyakitnya )

Jenis Hama Dan Penyakit Pada Selada

1.Hama pada tanaman selada

  • Jangel, memiliki bentuk seperti siput yang berukuran sekitar 2 cm, biasanya bersembunyi dipangkal daun bagian dalam dan menyerang daun pada segala umur. Cara mengatasinya Anda harus melakukan penyiangan.
  • Tangek, memiliki bentuk mirip jangle. Serangan yang dilakukan membentuk lubang pada daun. Biasannya menyerang pada musim kemarau.
  • Kutu Daun, Jika tanaman selada yang berusia muda terserang maka akan mengganggu pertumbuhannya, tumbuh kerdil atau tidak sempurna. Serangan hama ini akan menyebabkan daun akan mengerut, lalu mengering akibat kurang cairan. Cara mengatasinya dengan menggunakan insektisida dengan dosisi yang sesuai.
  • Thrips, Serangan hama ini akan menyebabkan daun pada selada akan menjadi kuning lalu kering dan ujung tanaman selada pun akan mati. Cara mengatasinya dengan menggunakan insektisida dengan dosisi yang sesuai. Jenis selada dan penyakitnya

2.Penyakit pada tanaman selada

  • Busuk Lunak, disebabkan oleh bakteri erwinia carotovora. Penyerangan dimulai dari tepi daun lalu daun akan berubah warna menjadi kecoklatan dan akhirnya layu.
  • Busuk Batang, disebabkan oleh bakteri Rhizoctonia Solani. tanaman selada yang terserang penyakit ini akan memiliki batang yang lunak dan mengandung lendir. Cara mencegah penyakit ini dapat dilakukan menjaga kebersihan lahan dan menjaga kelembapan lahan. Jika tanaman banyak yang terserang dan sudah parah, maka lakukan pengendalian dengan menggunakan fungisida sesuai dengan dosis yang dianjurkan.
  • Busuk Pangkal Daun, disebabkan oleh Felicularia filamentosa yang menyerang pada pangkal daun saat musim panen telah tiba. Cara mencegah penyakit ini dapat dilakukan dengan menjaga kebersihan lahan, irigasi yang baik, melakukan rotasi tanaman. jika tanaman banyak terserang, maka lakukan pengendalian dengan cara melakukan penyemprotan pestisida alami.

Berikut artikel yang membahas mengenai jenis selada dan penyakitnya. Bagi para petani selada Anda harus mengetahui jenis-jenis selada, jenis hama dan penyakit dan cara mengatasinya. Semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami selanjutnya. See You Next Time🙂

Artikel ” jenis selada dan penyakitnya

Previous articleCara Budidaya Bayam Merah Hidroponik. Yang Mudah Ditiru Bagi Pemula
Next articleMengatasi Hama Dan Penyakit Pada Tanaman Bayam, Kenali Gejala Dan Tandanya
Penulis di golden farm 99 - Menyukai dunia blogging, menyukai berkebun dan ingin menuliskan apa yang kami tahu lewat blog ini . Mudah-mudahan menjadi ilmu yang bermanfaat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here