Home Kategori Tanah & Pemupukan Cari Tahu Yuk, Apa Itu Pupuk Meroke CALNIT

Cari Tahu Yuk, Apa Itu Pupuk Meroke CALNIT

7
0
meroke calnit

GOLDEN FARM 99 Pupuk Meroke CALNIT merupakan salah satu pupuk majemuk yang diproduksi oleh PT. Meroke Tetap Jaya yaitu sebuah perusahaan swasta Nasional yang bergerak dibidang distribusi dan perdagangan pupuk di seluruh wilayah Indonesia sejak tahun 1953. Pemberian pupuk bagi tanaman merupakan salah satu langkah untuk merawat tanaman. Hampir semua tanaman dapat tumbuh sehat, subur, dan memberikan buah yang baik karena dirawat dengan pupuk.

Pupuk Kalsium Nitrat atau Meroke CALNIT merupakan salah satu pupuk yang memiliki kandungan Nitrogen dalam bentuk Nitrate-N (N-NO3), mampu memberikan respon pertumbuhan tanaman yang lebih cepat. Bentuk Nitrat (N-NO3) ini lebih tersedia daripada N-Amonium (N-NH3). Dengan muatan NO3, maka tidak mudah terikat oleh partikel tanah yang bermuatan negatif. Bagi unsur-unsur hara bermuatan positif seperti Mg2+, Ca2+, K+, akan lebih efisien pengambilannya oleh akar tanaman karena bersifat sinergis dengan NO3.

Tidak menyebabkan tanah asam. Dalam tanah terjadi perubahan bentuk nitrogen bila diberikan dalam bentuk N-Amonium (N-NH4), melalui proses nitrifikasi, menjadi N-NO3, dalam perubahan ini akan terjadi pelepasan H+ dalam tanah, sehingga tanah menjadi asam (pH rendah).

Karena Meroke CALNIT mengandung N-NO3, maka tidak menyebabkan tanah menjadi asam. Nitrogen dalam bentuk Nitrat (N-NO3) akan memberikan hasil lebih tinggi, karena bentuknya lebih efisien dan menghasilkan bahan padatan (berat kering) lebih banyak pada buah dan umbi, dibandingkan dengan N-Amonium (N-NH4) yang lebih banyak menyerap air.

Spesifikasi Meroke CALNIT


Total Nitrogen (N) 15,5 %
Nitrat-N 14,4 %
Amonium-N 1,1 %
Total Kalsium Oksida (CaO) 26,0 %
Kalsium (Ca) 18,8 %

Kelarutan (pada suhu 25°C) 1010 g/L
pH (1 % w/w, 25°C) 5,58
EC (1 % w/w, 25°C) 8,14 mS/cm
Berat Jenis 1,1 Kg/L
Granulometry (2-4mm) 90%

Bentuk Granular
Warna Putih

Hara Kalsium yang dikandung pada Meroke CALNIT adalah Kalsium larut air. Kalsium hadir dalam bentuk yang tersedia dan dapat diambil oleh akar tanaman mengikuti ‘tarikan transpirasi’ daun tanaman. Unsur hara Kalsium (Ca) sangat penting untuk titik-titik tumbuh tanaman seperti pucuk baru dan ujung-ujung akar.

Kalsium juga berperan sebagai bahan penguat dinding sel serta perekat antara dinding-dinding sel didalam jaringan tanaman. Dengan dinding sel yang lebih kuat dan sehat, maka hasil panen buah, bunga, batang, dan umbi memiliki daya simpan (self-life) lebih panjang, tidak mudah busuk, dan pengalami penyusutansetelah panen.

Beberapa gejala kerusakan Kalsium (Ca) seperti: busuk ujung buah tomat (Blossom End Rot), Bitter Pit pada apel, ujung daun terbakar pada selada dan kubis, busuk lunak pada buah mangga (Soft Nose Rot), busuk umbi kentang (Internal Rust Spot), pecah/retak buah pada jeruk dan semangka, dan lain-lain.

Dengan tebalnya dinding sel, maka tanaman lebih tahan terhadap serangan beberapa penyakit seperti busuk kering pada cabai (Antracnose), akar gada pada kubis, busuk umbi kentang (Erwinia), Botritys pada anggur dapat berkurang secara nyata.

Keuntungan Meroke CALNIT

  • Mengandung hara yang seimbang di setiap butiran pupuknya.
  • Sumber Nitrate Nitrogen dan Kalsium yang larut air.
  • Hara-hara dengan cepat akan tersedia.
  • Penanganan dan cara aplikasi yang mudah dan merata.
  • Sangat ideal dipakai dipertanian hidroponik sebagai campuran ABMix.

Manfaat Meroke CALNIT

Menyediakan kombinasi terbaik untuk memberikan hasil dan pendapatan yang tinggi. Tersedia hanya dari MerokeCALNIT dengan portfolio pupuk yang lengkap dan program terbaik untuk tanaman buah, bunga, sayuran, tanaman pangan dan palawija serta tanaman perkebunan. Adapun manfaat yang ada pada pupuk MerokeCALNIT sebagai berikut:

  • Tanaman tumbuh dengan sehat dan memaksimalkan produktivitas jangka panjang.
  • Hasil produksi meningkat dengan meningkatnya jumlah dan juga ukuran buah atau umbi.
  • Meningkatkan kualitas, rasa, warna, kesegaran dan daya simpan buah atau umbi.

Inilah artikel yang bisa kami sampaikan mengenai pupuk MerokeCALNIT. Semoga bermanfaat:)

Previous articleCari Tahu Yuk, Apa Itu Pupuk Meroke VITAFLEX
Next articleCari Tahu Yuk, Apa itu Pupuk Meroke MAP
Seorang digital marketing yang punya hobi bertanam sayuran dan buah secara hidroponik dan organik

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here