Home Kategori Manfaat daun dan buah 7 Manfaat tanaman Basil Bagi Kesehatan, No 3 Ternyata bisa ini mengurangi...

7 Manfaat tanaman Basil Bagi Kesehatan, No 3 Ternyata bisa ini mengurangi stress

25
0
manfaat tanaman basil bagi kesehatan

GOLDEN FARM 99Manfaat tanaman basil bagi kesehatan . Apakah basil sama dengan kemangi? Daun basil jika dilihat dengan sekilas memang hampir sama seperti daun kemangi, yakni memiliki aroma yang kuat. Namun keduanya memiliki perbedaan. Daun kemangi biasanya disajikan sebagai lalapan, sedangkan daun basil sering digunakan untuk membuat pasta. Tekstur daun basil pun terlihat lebih tebal dan lebar.

Daun basil memiliki manfaat yang banyak bagi kesehatan. Tanaman ini dapat mengobati, meringankan, dan mencegah penyakit tertentu. Sebagian besar tanaman ini lebih dikenal sebagai tanaman herbal. Tanaman hebal ini termasuk dalam keluarga mint dan telah lama dikenal sebagai tanaman obat tradisional.

Ekstrak basil diketahui memiliki sifat antibakteri, antijamur, antioksidan dan antiradang. Basil merupakan tanaman yang kaya akan vitamin damn mineral. Vitamin yang terkandung dalam tanaman basil, seperti Vitamin A, B, C, dan K , Folat, Kalsium, Zat besi, Zinc, Kalsium, Magnesium, Kalium, Mangan.

Ada 7 Manfaat Tanaman Basil Bagi Kesehatan Yang Perlu Anda Ketahui

Beragam kandungan nutrisi di dalam basil, membuat tanaman ini dipercaya dapat mencegah dan mengobati penyakit tertentu. Selain itu, ada beberapa manfaat basil lainnya yang juga bisa Anda peroleh, di antaranya:

Mengobati Jerawat

Pertama, manfaat tanaman basil bagi kesehatan yaitu mengobati jerawat, Ekstrak basil dalam bentuk gel, krim, atau minyak esensial diketahui bermanfaat untuk mengatasi jerawat. Karena adanya kandungan vitamin A, Antibakteri, Antiradang yang dapat meredakan peradangan pada kulit dan jerawat.

Mengatasi Kelelahan

Yang kedua manfaat tanaman Basil bagi kesehatan , biasanya digunakan sebagai minyak aromaterapi untuk mengatasi kelelahan dan mengembalikan energi. Anda juga bisa mencampurkan minyak aromaterapi dengan peppemint, lavender, atau jeruk.

Mengurangi Stres

Tak hanya mengatasi kelelahan, menghirup minyak aroma terapi juga bisa meringankan stres dan membuat Anda lebih rileks. Ketika menghirup aromaterapi, hormon stres kortisol di dalam tubuh akan berkurang, sedangkan hormon relaksasi, yaitu endorfin, akan meningkat.

Menjaga Kesehatan Otak

Salah satu manfaat basil adalah memelihara kesehatan dan fungsi otak. Beberapa riset menunjukkan bahwa konsumsi basil atau ekstrak basil dapat meningkatkan memori dan daya konsentrasi.

Konsumsi basil bahkan diduga dapat meningkatkan daya ingat dan kemampuan gerak tubuh pada penderita stroke. Tetapi saat ini , manfaat basil sebagai pengobatan masih perlu diteliti lebih lanjut.

Ya benar bisa mengontrol gula darah , ternyata manfaat Daun basil bagi kesehatan salah satu nya untuk membantu mengendalikan kadar gula darah. Dalam penelitian tersebut, ekstrak basil terlihat dapat menurunkan kadar gula darah dan menjaganya tetap stabil.

Mencegah Kanker

Sebuah riset di laboratorium menunjukkan bahwa basil mengandung beragam antioksidan dan zat, seperti rosmarinic acidchicoric acid, dan caftaric acid. Kandungan tersebut diketahui dapat menghambat pertumbuhan sel tumor atau kanker.

Meredakan Peradangan dan Nyeri

Lebih Lanjut manfaat tanaman basil bagi kesehatan yaitu sebagai Minyak esensial atau ekstrak basil diketahui dapat meringankan peradangan sehingga mengurangi risiko terjadinya penyakit akibat peradangan kronis, seperti kanker, diabetes tipe 2, dan rheumatoid arthritis. Selain itu, basil pun diketahui dapat meringankan nyeri, misalnya nyeri akibat sakit gigi, sakit kepala, atau radang sendi.

Meski banyak sekali manfaat pada daun basil, namun berbagai manfaat diatas masih dalam proses penelitian lebih lanjut. Apalagi jika Anda ingin menggunakannya sebagai obat, sebaiknya anda konsultasi terlebih dahuli ke dokter. Demikian informasi mengenai manfaat basil bagi kesehatan. Terimaksih

Artikel 7 MANFAAT TANAMAN BASIL BAGI KESEHATAN

Previous articleHidroton Jerman Salah satu Media Tanam Hidroponik yang mudah didapatkan di Jakarta
Next articleCara Menanam Padi Menggunakan Sistem Hidroponik
Penulis di golden farm 99 - Menyukai dunia blogging, menyukai berkebun dan ingin menuliskan apa yang kami tahu lewat blog ini . Mudah-mudahan menjadi ilmu yang bermanfaat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here