Home Kategori Manfaat daun dan buah Tak Hanya Enak, Berikut Manfaat Bawang Merah Yang Perlu Anda ketahui

Tak Hanya Enak, Berikut Manfaat Bawang Merah Yang Perlu Anda ketahui

19
0
manfaat bawang merah

Golden Farm 99 – Bawang merah menjadi salah satu empah yang ditemukan dalam berbagai masakan. Tak hanya membuat masakan menjadi nikmat dan kaya rasa, bawang merah juga mempunyai manfaat bagi kesehatan. Pada artikel ini kita akan membahas manfaat bawang merah

Bawang merah (Allium Cepa) adalah salah satu bumbu masak utama untuk berbagai jenis makanan. Bumbu dapur yang satu ini berasal dari negara Irak, Pakistan dan juga pegunungan-pegunungan yang ada di kawasan sebelah utaranya. Hanya saja dalam perkembangannya kemudian ia menyebar di berbagai penjuru dunia. Baik itu yang memiliki iklim sub tropis maupun tropis memang menjadi kawasan yang paling subur untuk perkembangbiakan dari tanaman yang satu ini. Adapun beberapa kandungan gizi dalam bawang merah bagi tubuh. Sebelum ke manfaat bawang merah kita lihat dulu kandungan gizi bawang merah

Kandungan Gizi Dalam Bawang Merah

Bawang merah ini mengandung banyak senyawa nutrisi. Di dalam 100 gram bawang merah terkandung beberapa senyawa berikut ini, diantaranya sebagai berikut:

  • Kalori, kalori yang terdiri dalam bawang merah sekitar 46 gram atau prosentasenya sekitar 2,14 gram.
  • Lemak, jumlah lemak didalamnya sangatlah rendah sekitar 0,30 gram saja.
  • Karbohidrat, bawang merah ini mengandung karbohidrat sebesar 9,30 gram.
  • Protein, didalam bawang merah mengandung protein dalam jumlah sebanyak 1,50 gram.
  • Serat Pangan, bagus untuk melancarkan pencernaan serat pangan yang ada dalam bawang merah sebanyak 1,70 gram.
  • Air, sebagian besar dari daging bawang merah terdiri dari air, dimana jumlahnya mencapai 88 gram. Itulah mengapa jika dibiarkan terlalu lama bawang merah cenderung akan kering karena kandungan air yang ada di dalamnya perlahan akan menghilang.
  • Vitamin, ada banyak jenis vitamin yang terdapat dalam bumbu dapur yang satu ini, mulai diantaranya adalah vitamin A, vitamin B1, Vitamin B2, vitamin B3 dan juga vitamin C.
  • Mineral, terdapat juga mineral lainnya yang dikenal bagus untuk tubuh, seperti diantaranya adalah kalium, fosfor, tembaga, seng, zat besi, beta karoten sampai dengan natrium juga ada dalam bumbu dapur yang satu ini.

Manfaat Bawang Merah untuk kesehatan

Berikut manfaat bawang merah untuk kesehatan

1.Memelihara kesehatan jantung

Manfaat bawang merah yang pertama bisa mencegah penggumpalan darah dan mengurangi lemak atau kolesterol jahat. Bawang merah juga memiliki kandungan Allicin yang merupakan senyawa sulfur organik dengan kemampuan melebarkan pembuluh darah. Dengan begitu, bawang merah dapat memperlancar sirkulasi darah, memelihara kesehatan jantung, dan mengurangi resiku penyakit jantung.

2.Mencegah resiko diabetes

Manfaat bawang merah selanjutnya yaitu dapat menurunkan kadar gula darah serta meningkatkan insulin didalam tubuh. Jadi, bawang merah menjadi salah satu pilihan untuk dikonsumsi penderita diabetes.

3.Mencegah efek buruk dari redikal bebas

Manfaat bawang merah selanjutnya, Bawang merah memiliki kandungan antioksidan yang bisa menangkal radikal bebas penyebab kanker dan berbagai penyakit berbahaya lainnya. Berdasarkan hasil penelitian, antioksidan pada bawang merah berpotensi menghambat penyakit degeneratif seperti alzheimer dan parkinson.

4.Menyembuhkan alergi

Bawang merah ternyata bisa menyembuhkan alergi, seperti mata berair, hingga gatal pada kulit dan hidung. Bawang merah juga memiliki kandungan antioksidan berupa quercetin yang memiliki kemampuan seperti antihistamin yang bisa mengurangi gejala alergi.

5.Memperbaiki pencernaan

Manfaat bawang merah untuk pencernaan dinilai efektif karena memiliki kandungan serat baik untuk pencernaan. Kandungan serat ini memperlancar proses buang air besar menjadi lebih teratur dan sistem pencernaan lebih terjaga.

6.Menjaga kesehatan tulang

Manfaat ini berasal dari kandungan kalsium pada bawang merah. Mineral ini menjaga tulang tetap kokoh dan merangsang pertumbuhan sel tulang baru menggantikan sel tulang yang rusak.Tak hanya kalsium, mineral lain juga bisa membuat manfaat serupa, seperti tembaga, zat besi dan fosfor.

7.Meningkatkan sistem imun

Salah satu manfaat lainnya dalam bawang merah yaitu, meningkatkan sistem imun. Anda bisa meningkatkan sistem imun dengan mengonsumsi makanan kaya vitamin C, seperti bawang merah. Menurut studi pada jurnal Nutrients, vitamin C merangsang sel darah putih menuju lokasi infeksi, membentuk antioksidan, dan membunuh mikroba yang menyerang tubuh.

8.Memperbaiki pola tidur dan suasana hati

Manfaat bawang merah selanjutnya adalah memperbaiki pola tidur dan suasana hati. Bawang meah memiliki kandungan asam folat yang bisa mencegah terjadinya penumpukan homosistein. Senyawa ini dapat mengganggu dopamin, serotonin, dan norepinephrine.

9.Mencegah obesitas

Bawang merah memiliki manfaat untuk menekan penumpukan lemak yang menyebabkan obesitas. Dan kandungan antioksidan yang bisa meningkatkan metabolisme.Dengan demikian, berat badan akan turun dan kesehatan tubuh terjaga.

10.Menjaga kesehatan rambut

Selanjutnya manfaat dalam bawang merah adalah menjaga kesehatan rambut. Bawang merah memiliki kandungan sulfur yang bisa membantu meningkatkan kolagen, sehingga dapatmemicu pertumbuhan rambut. Caranya Anda bisa menggunakan jus bawang merah kemudian aplikasikan kekulit kepala, diamkan selama 15 menit. Setelah itu baru dibilas mengunakan shampo dan air bersih.

11.Memelihara kesehatan mata

Bawang merah ini memiliki kandungan nutrisi vitamin A yang bisa memelihara kesehatan mata. Kandungan vitamin A bisa mencegah gangguan penglihatan , seperti rabun senja sehingga degenerasi makula.

12.Membuat kulit bercahaya

Bawang merah memiliki kandungan vitamin A, C dan E yang bisa menjadikan kulit wajah lebih bercahaya. Bawang merah yang biasanya digunakan sudah dalam bentuk ekstrak sehingga lebih bisa terserap ke dalam kulit.

13.Mencegah jerawat

Bawang merah memiliki kandungan antiseptik yang bisa mencegah jerawat. Dan mampu membunuh bakteri, jamur dan virus, yang menyebabkan infeksi pada kulit terutama pada saat berjerawat.

14.Menghilangkan garis halus

Bawang merah memiliki kemampuan untuk memperlancar peredaran darah dan mendorong terbentuknya kolagen. Maka dari itu, penggunaan bawang merah juga menjadikan kulit lebih kecang.Untuk mengatasinya anda bisa memanfaatkan bawang merah sebagai masker alami.

15. Memelihara Fungsi Ginjal

Bawang merah diketahui memiliki kemampuan menurunkan asam urat dan keratin di dalam tubuh. Dengan begitu fungsi ginjal bisa tetap terjaga. Namun, penelitian mengenai hal tersebut masih butuh pengembangan karena sejauh ini penelitian baru dilakukan dalam skala laboratorium.

Efek Samping Konsumsi Bawang Merah Berlebihan

Bawang merah juga mempunyai efek samping. Karena segala sesuatu yang berlebihan akan menimbulan efek samping yang kurang baik. Beberapa efek samping yang ditimbulkan bawang merah jika terlalu banyak mengkonsumsinya:

  • Meningkatkan resiko pendarahan

Bawang merah diketahui dapat memperlambat pembekuan darah. Dengan demikian, bawang merah memiliki potensi untuk meningkatkan risiko pendarahan. Maka dari itu, ketika seseorang telah mengalami operasi, jangan mengonsumsi bawang merah minimal 2 minggu setelah waktu operasi.

  • Menyembabkan bau mulut

Berlebihan mengkonsumsi bawang merah akan menyebabkan bau mulut. Kondisi tersebut terjadi karena sulfur pada bawang merah cukup tinggi. Untuk itu, disarankan segera membersihkan gigi dan mulut setelah mengonsumsi bawang merah.

  • Sakit kepala

Mengkonsumsi bawang merah berlebihan juga bisa menyebabkan kepala sakit. Bawang merah memiliki kelembaban tinggi, hal tersebut bisa menyebabkan sakit pada kepala.

  • Mual dan muntah

Hal tersebut dikarenakan, bawang merah berisiko membuat lambung iritasi. Jika hal tersebut terjadi berulang kali, maka sangat disarankan untuk segera memeriksakan diri ke dokter.

Demikian beberapa manfaat bawang merah untuk kesehatan dan kecantikan. Terlalu banyak mengkonsumsi bawang merah juga mempunyai efek samping. Sebaiknya mengkonsumsi bawang merah secukupnya saja agar tidak terkena efek samping. Terimakasih

Artikel ” Tak Hanya Enak, Berikut Manfaat Bawang Merah Yang Perlu Anda ketahui

Previous articleYuk Kenali Gejala Dan Tanda-Tanda Hama Yang Suka Menyerang Tanaman Bawang Merah
Next articleWarna daun kekuningan bisa jadi tanaman anda kurang Pupuk Meroke MAG S
Penulis di golden farm 99 - Menyukai dunia blogging, menyukai berkebun dan ingin menuliskan apa yang kami tahu lewat blog ini . Mudah-mudahan menjadi ilmu yang bermanfaat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here