• Jam Buka Toko: 24 Jam Open
  • Status Order
  • Tlp: +6287788095686
  • SMS/WA: +6287788095686
  • Line : goldenfarm99
  • BBM : D14AE472
  • cs@goldenfarm99.com
Terpopuler:

Pengertian NFT Hidroponik ? Yuk kita simak penjelasannya dibawah ini

19 August 2017 - Kategori Blog

Golden farm 99 – Hidroponik saat ini sudah menjadi hobi baru untuk masyarakat urban farming. Metode yang digunakan / sistem yang digunakan salah satunya adalah NFT Hidroponik. Bagi yang tidak punya lahan cukup maka solusinya adalah menanam dengan cara hidroponik. Menanan dengan cara yang elegan, praktis dan tentunya menguntungkan karena semua tidak harus punya sawah namun bisa memanfaatkan area rumah yang kosong ( seperti depan rumah atau di lantai atas selama masih terjangkau sinar matahari )

Pengertian nft hidroponik

Dalam menjalani bisnis atau hobi hidroponik ada banyak sistem / metode yang dipakai diantaranya adalah metode hidroponik. Pengertiannya adalah suatu metode budidaya tanaman yang mengalirkan nutrisi dari bak / tandon kemudian dialirkan ke pipa dengan sistem sirkulasi secara terus menerus. Alurnya mulai dari tandon / bak kemudian masuk ke pipa pipa kemudian jatuh ke tandon kemudian dipompa lagi ke pralon ( Sirkulasi sistem )

nft hidroponik

Gambar 1.1 nft hidroponik

Kelebihan nft hidroponik

Setiap sistem di hidroponik ada kelebihan dan kekurangannya. sebelum kita membuat / memutuskan untuk menggunakan sistem yang mana, alangkah baiknya kita mengetahui kekurangann atau kelebihannya. Untuk nft hidroponik ini kelebihannya adalah sistem yang mudah dirakit lebih sederhana karena tidak banyak peralatan yang dibutuhkan dalam membuatnya.

  1. Pengendalian area akarnya yang lebih mudah
  2. Keseragaman dan tingkat konsentrasi larutan nutrisi yang dibutuhkan tanaman dapat disesuaikan dengan umur dan jenis tanaman
  3. kebutuhan air dapat terpenuhi dengan baik dan mudah.
  4. Sangat baik untuk pelaksanaan penilitian dan eksperimen dengan variable yang terdapat terkontrol

Baca juga :

Kekurangan nft hidroponik

Selain memiliki kelebihan nft hidroponik ini juga memiliki kekurangan diantaranya adalah

  1. Penularan penyakit lebih cepat ( jika salah satu tanaman terkena atau terserang penyakit, maka tanaman dalam satu talang akan dapat terserang semua, bahkan dalam satu kit alat tertular semua).
  2. Sistem hidroponik dengan teknik NTF sangat tergantung pada listrik. Jika tidak ada listrik , alat ini tidak dapat bekerja.
  3. Biaya yang dikeluarkan cukup mahal ( Sebenarnya ini relatif untuk biaya )

Demikianlah mengenai sistem hidroponik yang bisa dijadikan sebagai referensi urban farming.

So happy gardening !

, ,