Cara mudah menyemai benih pakcoy

05 November 2017 - Kategori Blog

GOLDEN FARM 99 – Menyemai benih merupakan kegiatan awal untuk menanam tanaman hingga panen. Jika gagal menyemai bisa dipastikan tidak akan bisa panen secara maksimal. Untuk itu harus diperhatikan supaya benih bisa pecah dan tumbuh dengan baik maka tidak boleh asal asalan. Kali ini kita akan membahas cara mudah menyemai benih pakcoy

cara mudah menyemai pakcoy

cara mudah menyemai pakcoy

#Penyebab benih etiolase / Kutilang

Nah, biasanya untuk pemula sering kali ketika menyemai banyak yang etiolase atau biasa disebut kutilang ( kurus tinggi langsing ) . Penyebab benih etiolase adalah kekurangan cahaya matahari. Jadi untuk menghindari etiolase dengan cara sewaktu benih pecah segera kenakan sinar matahari dengan tetap menjaga kelembaban media tanam ( bisa dengan cara disemprot atau dasarnya diberi air ).

#Yang perlu disiapkan dalam menyemai

Benih berkualitas salah satu kunci keberhasilan dalam menanam ( Kali ini kita akan menyemai benih pakcoy ). Sebelum menyemai pastikan benih tidak melewati masa exp date ( exp date / kadaluarsa masih lama ), pilihlah benih dari brand yang sudah punya nama ( mempunyai reputasi yang bagus ). Ingat jika diawal benih yang kita tanam tidak bagus maka hasilnya pun tidak akan bagus. Jadi tahap pertama pastikan exp date.

Setelah benih maka siapkan lat – alat seperti dibawah ini :

Tray semai ( opsional )

Media tanam ( Rockwool )

Pinset

Nampan semai

Gergaji besi

perlengkapan menyemai

Perlengkapan menyemai

#Memotong Rockwool menjadi persegi

Setelah menyiapkan perlengkapan untuk menyemai langkah selanjutnya adalah memotong rockwool menjadi persegi kecil-kecil ( ukuran menyesuaikan lubang tray semai ) lihat gambar berikut ini :

memotong rockwool persegi

Memotong rockwool persegi

#Memasukkan benih kedalam rockwool

Setelah rockwool dipotong langkah selanjutnya adalah mencelupkan potongan rockwool diatas kedalam air ( Sekali celup sudah cukup ) kemudian diangkat terus letakkan di didalam tray semai . Perhatikan gambar berikut ini

memasukkan benih ke dalam rockwool

Memasukkan benih ke dalam rockwool

Selesai memasukkan rockwool kedalam tray semai maka selanjutnya lubangi rockwool tersebut menggunakan pinset untuk menaruh benih pakcoy. ( Jangan membuat lubang terlalu dalam ). Setelah benih pakcoy dimasukkan kedalam lubang yang sudah dibuat maka isilah nampan semai tersebut dengan air bersih ( berapa banyak air nya yang diisi kedalam air ? cukup air menyentuh dasar rockwool yang nantinya akan membuat rockwool tetap basah.

memasukkan benih

memasukkan benih ( jangan terlalu dalam )

#Menutup Persemaian

Setelah selesai semua maka selanjutnya adalah menutup nampan semai yang berisi tray semai dan rockwool + benih nya menggunakan plastik hitam atau sesuatu yang gelap selama kurang lebih satu hari ( Benih pakcoy sehari biasanya sudah pecah / sprout ) bisa juga menutup dengan cara seperti ini :

menutup persemaian dengan baki yang sudah tersedia

Menutup persemaian dengan baki yang sudah tersedia

Banyak cara yang bisa dilakukan dalam menyemai. Salah satu cara adalah pengalaman kami yang sdh dituliskan diatas.

11-12-2017 | #Satu Hari pertama setelah menancapkan benih ke rockwool – Benih sudah sprout

Untuk pakcoy biasanya hanya dalam waktu sehari benih sudah sprout atau benih pecah. Berikut penampakannya

Pecah benih setelah 1 hari di tutup menggunakan baki

Bersambung

, ,

Dapatkan Diskon
Daftar newsletter